URGENSI PERLINDUNGAN HUKUM DAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN BAGI TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS

  • Adam Galih Purnama Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Nyoman Krisnadi Yudiantara Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penulisan studi ini adalah untuk mengkaji lebih dalam terkait perlindungan hukum bagi tenaga kerja penyandang disabilitas yang seringkali dikucilkan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi penyandang disabilitas, khususnya untuk memastikan haknya atas pekerjaan. Dengan Studi Kasus ini diharapkan dapat memberikan informasi terkait bagaimana langkah pemerintaah dalam memberikan hak bagi para penyandang disabilitas. Penelitian ini akan membahas terkait korelasi  tenaga kerja penyandang disabilitas dan tanggung jawab perusahaan pada studi kasus UNIQLO. Penulis menggunakan model penelitian normatif dalam penelitian berikut. Jenis penelitian yuridis normatif adalah penelitian yang dilakukan di bawah prinsip-prinsip panduan untuk mengevaluasi dan menggunakan sumber bacaan yang berkaitan dengan masalah yang diangkat, serta memanfaatkan berbagai persyaratan hukum. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang didefinisikan oleh aturan yang berkaitan dengan hak untuk mendapatkan pekerjaan bagi individu dengan kebutuhan khusus atau penyandang disabilitas, sudah cukup


 


Kata Kunci: Pemalsuan Tanda Tangan, Jaminan, Wanprestasi Debitur, Perjanjian Tidak Sah.


 


The purpose of writing this study is to examine more deeply regarding legal protection for workers with disabilities who are often excluded from society. This is of course a challenge for persons with disabilities, especially to ensure their right to work. With this case study, it is hoped that it can provide information regarding how the government steps in providing rights for persons with disabilities. This research will discuss the correlation of workers with disabilities and corporate responsibility in the UNIQLO case study. The author uses a normative research model in the following research. This type of yuridis normative research is research conducted under guiding principles to evaluate and use reading sources related to the issues raised, as well as taking advantage of various legal requirements. The conclusion of this article is that various existing laws and regulations, defined by rules relating to the right to work for individuals with special needs or persons with disabilities, are sufficient.


 


Key Words: Forgery of Signatures, Guarantees, Defaults on Debtors, Invalid Agreements.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
PURNAMA, Adam Galih; YUDIANTARA, I Gusti Ngurah Nyoman Krisnadi. URGENSI PERLINDUNGAN HUKUM DAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN BAGI TENAGA KERJA PENYANDANG DISABILITAS. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 13, n. 07, p. 326-334, may 2024. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/108875>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2024.v13.i07.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)