EFEKTIVITAS APLIKASI SILON DALAM PENDAFTARAN BAKAL CALON DPRD PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KABUPATEN KLUNGKUNG

  • A A Gde Bagus Wijaya Kusuma Wardhana Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Nyoman Krisnadi Yudiantara Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK


Tujuan dari penulisan studi ini adalah untuk mengkaji lebih dalam terkait bagaimana sistem pencalonan yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klungkung dalam tahapan Pendaftaran Bakal Calon DPRD Kabupaten Klungkung yang menggunakan aplikasi dalam penerapan tahapan pemilihan umum. Metode Penelitian yang diguanakan penulis adalah yuridis empiris. Penelitian yuridis empiris adalah metode penelitian hukum yang berupaya untuk melihat hukum dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat dan meneliti bagiamana bekerjanya hukum di masyarakat.  Hasil studi menunjukan dalam penggunaan aplikasi dalam melaksanakan tahapan pendaftaran bakal calon DPRD Kabupaten Klungkung lebih efektif dari pada melaksanakan pendaftaran bakal calon secara manual, yang dimana dalam penerapan sistem pencalonan tersebut terdapat aplikasi aplikasi yang menunjang kemudahan serta penyederhanaan dalam mengunggah dokumen yang diperlukan dari bakal calon yang akan di usung oleh partai politik peserta pemilu.


Kata Kunci: Sistem Pencalonan, Pendaftaran, Bakal Calon.


ABSTRACT


The purpose of writing this study is to examine in more depth how the nomination system implemented by the Klungkung Regency General Election Commission in the Klungkung Regency DPRD Candidate Registration stage uses an application in implementing the general election stages. The research method used by the author is empirical juridical. Empirical juridical research is a legal research method that attempts to see law in a real sense or can be said to see and examine how law works in society. The results of the study show that the use of applications in carrying out the registration stages for Klungkung Regency DPRD candidates is more effective than carrying out manual registration of prospective candidates, where in implementing the nomination system there is an application that supports the ease of uploading the required documents from prospective candidates who will be selected. carried by the political parties participating in the election.


Keywords: Nomination System, Registration, Prospective Candidates

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-04
How to Cite
KUSUMA WARDHANA, A A Gde Bagus Wijaya; YUDIANTARA, I Gusti Ngurah Nyoman Krisnadi. EFEKTIVITAS APLIKASI SILON DALAM PENDAFTARAN BAKAL CALON DPRD PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KABUPATEN KLUNGKUNG. Kertha Wicara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 13, n. 04, p. 176-186, apr. 2024. ISSN 2303-0550. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/108128>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KW.2024.v13.i4.p3.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)