DAMPAK PARKIR LIAR TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KOTA DENPASAR SELATAN

  • Putu Aditya Wiradana Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Ketut Sudantra

Abstract

Penelitian memiliki tujuan untuk mendiskusi perihal dampak parkir liar terhadap kinerja lalu lintas pada ruas jalan Di Kota Denpasar Selatan.Metode yang digunakan pada pembuatan karya ilmiah ini yakni penelitian hukum empiris. Karya ilmiah ini menerapkan pendekatan melalui pendekatan fakta (the fact approach) yang merupakan pendekatan yang berdasarkan dari fakta-fakta yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan undang-undang sedangkan bahan hukum sekunder yang digunakan yaitu buku dan jurnal tentang hukum. Berdasarkan hasil studi Dapat disimpulkan bahwa berkurangnya lahan parkir yang tersedia dapat menyebabkan penggunaan ruas jalan sebagai parkir liar dan membuat kemacetan yang banyak terjadi di Kota Denpasar selatan. Secara umum terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan permasalahan kemacetan yang menjadi tidak dapat dikontrol jika dibiarkan, yaitu: Demand atau bertambahnya pengguna kendaraan, Supply atau keterbatasan sumber daya dalam melaksanakan pembangunan jalan raya dan fasilitas lainnya, dan System Operation atau kurangnya optimal dalam pengoperasian fasilitas transportasi yang ada. dan memicu banyak oknum-oknum sebagai juru parkir liar untuk memanfaatkan kejadian tersebut dan upaya pemerintah untuk menegakkannya sesuai dengan Pasal 368 ayat (1) KUHP. Adapun upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Kota Denpasar untuk meminimalisir kejadian parkir liar tersebut berdasarkan tindakan dan berdasarkan hukum salah satunya yaitu Perda Kota Denpasar Nomor 13 Tahun 2016.


ABSTRACT


The aim of the research is to discuss the impact of illegal parking on traffic performance on roads in the city of South Denpasar. The method used in making this scientific paper is empirical legal research. This scientific work applies an approach through the fact approach which is an approach based on facts that occur in the field. This study uses laws while the secondary legal materials used are books and journals about law. Based on the results of the study, it can be concluded that the reduced available parking space can lead to the use of roads as illegal parking and create a lot of traffic jams that occur in South Denpasar City. In general there are several factors that can increase the problem of congestion which becomes uncontrollable if left unchecked, namely: Demand or increase in vehicle users, Supply or limited resources in carrying out the construction of highways and other facilities, and System Operation or lack of optimization in the operation of transportation facilities which exists. and triggered many elements as illegal parking attendants to take advantage of the incident and the government's efforts to enforce it in accordance with Article 368 paragraph (1) of the Criminal Code. The efforts made by the government in Denpasar City to minimize the incident of illegal parking are based on action and based on law, one of which is Denpasar City Regulation No. 13 of 2016.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-28
How to Cite
ADITYA WIRADANA, Putu; SUDANTRA, I Ketut. DAMPAK PARKIR LIAR TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN DI KOTA DENPASAR SELATAN. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 666-675, feb. 2023. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/97417>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i03.p17.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>