TANGGUNG JAWAB PRODUSEN TERHADAP BARANG YANG DIJUAL ONLINE TIDAK SESUAI FOTO IKLAN

  • Made Ayu Citra Putri Sani Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Made Dedy Priyanto Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum terkait transaksi produk yang diperjualbelikan melaui toko online yang menyimpang dari foto iklan pada sebuah e-commerce atau marketplace  yang dimana penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi mengenai bagaimana bentuk tanggung jawab yang diberikan produsen terhadap barang yang tidak sesuai foto iklan kepada konsumen. Metode penelitian yang dilakukan dengan meneliti bahan pustaka, yang dimana dalam penelitian ini menjelaskan permasalahan-permasalahan yang diteliti, untuk selanjutnya dibahas dengan kajian yang berdasarkan teori-teori hukum kemudian dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam praktek hukum. Setelah dilakukan analisis, disimpulkan bahwa adanya  perlindungan hukum bagi konsumen yang tertuang pada Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 mengenai perlindungan konsumen. Tanggung jawab pelaku niaga yang mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan iklan gambar transaksi di pasar dalam bentuk pelaksanaan hak konsumen yang dilanggar harus mendapat kompensasi ganti rugi yang dari pelaku usaha berdasarkan perjanjian pembelian online dan dapat ditafsirkan sesuai isi dari pasal 53  (1) PP No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik .   


This study aims to find out how the form of legal protection related to product transactions that are traded through online stores that deviate from photo advertisements in an e-commerce or marketplace where this research is expected to be able to provide information about how the form of responsibility given by producers to goods that are not according to advertising photos to consumers. The research method is carried out by examining library materials, which in this study explain the problems studied, to be further discussed with studies based on legal theories and then linked to the applicable laws and regulations in legal practice. After the analysis, it is concluded that there is legal protection for consumers as stipulated in Law no. 8 of 1999 concerning consumer protection. The responsibility of merchants who send goods that are not in accordance with the image advertisement of transactions in the market in the form of the implementation of violated consumer rights must receive compensation from business actors based on online purchase agreements and can be interpreted according to the contents of article 53 (1) PP No. 71 of 2019 concerning the Implementation of Electronic Systems and Transactions.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-09
How to Cite
CITRA PUTRI SANI, Made Ayu; PRIYANTO, I Made Dedy. TANGGUNG JAWAB PRODUSEN TERHADAP BARANG YANG DIJUAL ONLINE TIDAK SESUAI FOTO IKLAN. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 10, n. 12, p. 2800-2809, dec. 2022. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/84479>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2022.v10.i12.p09.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2