SISTEM PEMIDANAAN TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DITINJAU DARI HUKUM PIDANA INDONESIA

  • Putu Eka Oktaviani Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Sagung Putri M. E. Purwani

Abstract

Penulisan ini memiliki tujuan adalah guna melihat bekerjanya suatu kebijakan pemerintah yang bersangkutan dengan anak melihat pada masa sekarang ini banyaknya kasus perbuatan hukum yang melibatkan anak sebagai anak yang memiliki konflik dengan hukum karena diakibatkan minimnya perhatian dari orang tua serta pergaulan yang salah mengakibatkan perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak tersebut dan menyebabkan banyaknya kasusĀ  yang terjadi yang mana melibatkanĀ  anak sebagai anak yang berkonflik dengan hukum dengan berbagai kasus bahkan ada beberapa kasus yang menyerupai kasus orang dewasa.penulisan ini merupakan penelitian normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undang( statute approach) dan pendekatan konsep(conceptual). Hasil studi menunjukan adanya kasus pencurian yang melibatkan anak sebagai pelaku sehingga perlu adanya kebijakan yang dapat menetapkan perbuatan anak yang mempunyai konflik dengan hukum. Indonesia sudah menetapkan terkait anak yang berkonflik dengan hukum. Hal ini dibuktikan dengan diterbitkannya Undang-undang nomor 11 tahun 2012 terkait sistem peradilan pidana anak, pada Undang-undang ini diupayakan berbagai cara penyelesaian yang dapat ditempuh untuk penegakan hukum terhadap anak tersebut. ada juga peraturan undang-undang untuk melindungi anak yang mempunyai konflik dengan hukum sudah ada peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk perlindungan pada anak yang bertindak pidana ditetapkan pada Undang-undang nomor 35 tahun 2014 terkait perubahan atas Undang-undang nomor 23 tahun 2002 mengenai perlindungan anak.


The aim of this writing is to see the operation of a government policy concerned with children, seeing that at present there are many cases of legal acts involving children as children who have conflicts with the law due to lack of attention from parents and wrong association resulting in deviant behavior. by the child and causing many cases to occur which involve children as children in conflict with the law with various cases and there are even some cases that resemble adult cases. This writing is a normative research that uses a statute approach and a conceptual approach. (conceptual). The results of the study show that there are cases of theft involving children as perpetrators, so there is a need for policies that can determine the actions of children who have conflicts with the law. Indonesia has stipulated regarding children in conflict with the law. This is evidenced by the issuance of Law number 11 of 2012 regarding the criminal justice system for children, in this Law various ways of settlement are sought for law enforcement against these children. There are also laws to protect children who have conflicts with the law. There are already regulations issued by the government for the protection of children who act criminally, which are stipulated in Law number 35 of 2014 regarding amendments to Law number 23 of 2002 concerning child protection.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-31
How to Cite
OKTAVIANI, Putu Eka; M. E. PURWANI, Sagung Putri. SISTEM PEMIDANAAN TERHADAP ANAK YANG BERKONFLIK DENGAN HUKUM DITINJAU DARI HUKUM PIDANA INDONESIA. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 63-72, dec. 2022. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/76805>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2022.v11.i01.p07.
Section
Articles