PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM HAL PENGIRIMAN BARANG TIDAK SESUAI DENGAN YANG DIBELI

  • Mitra Junata Togatorop Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Made Dedy Priyanto
  • I Putu Sudarma Sumadi

Abstract

Penulisan junal ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum pada konsumen yang tidak menerima barang sesuai dengan pesanan dilihat dari UUPK dan UU ITE serta apa saja upaya hukum yang dapat dilakukan konsumen apabila mengalami kerugian dari pihak e-commerce. Metode yang digunakan adalah metode yang merajuk pada ketentuan UUPK dan UU ITE dan juga dengan mengumpulkan data kepustakaan, mengaitkan pokok permasalahan dengan peraturan perundang-undangan, mengutip dari beberapa peraturan perundang-undangan yang relevan. Perlindungan hukumnya terdapat pada UU ITE No. 11 Tahun 2008 dan Pasal 38 dan pasal 45 ayat (1) serta ayat (2) UUPK. Yang memuat tentang menyelesaikan masalah jika barang yang dibeli tidak sesuai dapat diselesaikan secara litigasi atau non litigasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-28
How to Cite
TOGATOROP, Mitra Junata; PRIYANTO, I Made Dedy; SUMADI, I Putu Sudarma. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM HAL PENGIRIMAN BARANG TIDAK SESUAI DENGAN YANG DIBELI. Kertha Negara : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 11, n. 08, p. 835-844, dec. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthanegara/article/view/98917>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles