Prevalensi dan Kepekaan Bakteri Enteropatogen terhadap Antibiotik pada Monyet Ekor Panjang dengan Diare di Fasilitas Penangkaran Institut Pertanian Bogor di Dramaga PREVALENCE AND SENSITIVITY OF ENTEROPATHOGENIC BACTERIA IN DIARRHEAGENIC LONG-TAIL MACAQUE IN THE BREEDING FACILITIES OF IPB UNIVERSITY AT DRAMAGA, BOGOR

Main Article Content

Fhady Risckhy Loe Suzy Tomongo Dondin Sajuthi Uus Saepuloh Dondin Sajuthi Irma H Suparto

Abstract

Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) adalah salah satu hewan laboratorium dalam penelitian biomedis. Fasilitas penangkaran untuk hewan laboratorium diatur dan didukung oleh kaidah kesejahteraan hewan dan manajemen kesehatan yang baik. Salah satu masalah yang sering terjadi di fasilitas penangkaran adalah diare, termasuk di fasilitas penangkaran IPB  Dramaga. Diare menyebabkan penurunan produktivitas karena tingginya morbiditas dan mortalitas. Bakteri enteropatogenik adalah salah satu penyebab diare yang dapat ditularkan antar hewan juga melalui air dan pakan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi prevalensi bakteri enteropatogen pada sampel feses, air dan pakan, menguji kepekanan bakteri enteropatogen terhadap antibiotik dari sampel feses di fasilitas penangkaran Dramaga. Sebanyak 30 sampel feses, enam sampel air dan dua sampel pakan dikoleksi kemudian diuji untuk mengetahui adanya bakteri enteropatogen. Metode mikrobiologis standar digunakan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri enteropatogen dari sampel feses dan pengujian kepekaan antibiotik.. Air dan pakan diuji menggunakan metode angka paling mungkin. Hasil isolasi dan identifikasi bakteri dari sampel feses adalah E. coli (100%), Salmonella enteritidis (97%) dan Shigella sp. (60%). Kontaminasi E. coli dan coliform dalam sampel air dan pakan (pisang dan monkey chow) terdeteksi di atas batas minimum (0/100 mL/g). Semua bakteri enteropatogen sensitif terhadap siprofloksasin dan gentamisin tetapi resisten terhadap eritromisin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
LOE, Fhady Risckhy et al. Prevalensi dan Kepekaan Bakteri Enteropatogen terhadap Antibiotik pada Monyet Ekor Panjang dengan Diare di Fasilitas Penangkaran Institut Pertanian Bogor di Dramaga. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 523-530, dec. 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/54941>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.4.523.
Section
Articles