TEKNIS PEMELIHARAAN IKAN LELE PADA KOLAM HEMAT AIR DAN EFISIEN PAKAN DI DESA LUMBUNG KECAMATAN SELEMADEG BARAT KABUPATEN TABANAN

  • I.N. Ardika
  • N.W. Suniti
  • I.M. Mega
  • N.N. Yastini

Abstract

Program Kemitraan Wilayah (PKW) Desa Lumbung Kecamatan Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan bertujuan untuk menberdayakan kelompok pemelihara ikan lele dalam pemeliharaan ikan lele dengan menggunakan kolam hemat air dan efisien pakan.  Metode yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada kegiatan ini meliputi: (1) Koordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan kelompok pemelihara ikan lele untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi; (2) Penyuluhan untuk membangun persepsi dan pemahaman kelompok mengenai inovasi program yang diterapkan; (3) Pelatihan mengenai terapan teknologi yang diaplikasi bagi masyarakat; (4) Pendampingan yaitu pertemuan secara berkala dan berkelanjutan antara pendamping dengan kelompok sasaran hingga teknologi yang diaplikasikankan dapat dilaksanakan secara tepat.  Pemeliharaan ikan lele pada kolam hemat air dan efisien pakan meliputi: persiapan pembuatan kolam dari terpal, pengaturan air, penebaran benih, pakan, pencegahan terhadap penyakit dan panen.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemeliharan ikan lele pada kolam hemat air dan efisien pakan telah berjalan dengan baik.  Hal ini ditunjukkan dengan hasil panen ikan lele pada pemanenan pertama sebanyak 222 kg, panen kedua sebanyak 135 kg dan panen ketiga sebanyak 75 kg dengan ukuran 6-7 ekor/kg. 


 


 


Kata kunci : ikan lele, kolam hemat air, efisien pakan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-14
How to Cite
ARDIKA, I.N. et al. TEKNIS PEMELIHARAAN IKAN LELE PADA KOLAM HEMAT AIR DAN EFISIEN PAKAN DI DESA LUMBUNG KECAMATAN SELEMADEG BARAT KABUPATEN TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 1, feb. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58014>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2020.v19.i01.p05.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>