PENGEMBANGAN JAGUNG TAHAN KERING UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ANGGOTA SUBAK DI KECAMATAN SELEMADEG TIMUR KABUPATEN TABANAN

  • I.G.P. Ratna Adi
  • I.K. Sardiana
  • N.W. Siti
  • I.N. Ardika

Abstract

Pendapatan petani lahan sawah di Subak Aseman Desa tangguntiti masih rendah karena kesulitan air irigasi dan harga panen padi yang relatif masih rendah dan fluktuatif. Pengembanan usaha tani baru yang lebih menguntungkan perlu dirintis untuk meningkatkan pendapatan petani tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani lahan sawah melalui agribisnis benih jagung tahan kering. Metode yang diterapkan adalah bimbingan teknis dan pendampingan tenik penangkaran benih jagung, teknik pengemasan dan pemasaran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa usaha produsen benih jagung cocok diterapkan sebagai usaha tani di subak aseman dalam mengantisipasi kekurangan air irigasi. Hasil analisis usaha tani menunjukkan bahwa usaha produsen benih jagung mampu memberikan keuntungan 47%.


 


Kata kunci : subak, usaha tani, produsen benih jagung, peningkatan, pendapatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-14
How to Cite
RATNA ADI, I.G.P. et al. PENGEMBANGAN JAGUNG TAHAN KERING UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN ANGGOTA SUBAK DI KECAMATAN SELEMADEG TIMUR KABUPATEN TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 1, feb. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58013>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2020.v19.i01.p04.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>