PELATIHAN BASIC GUIDING BAGI PEMANDU WISATA LOKAL DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA AIR TERJUN GEROJOG SAMBEH TIBU NAGA DI DESA MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM

  • N.L.R. Purnawan
  • I D.P. Singarsa
  • I K. Sardiana

Abstract

Pelatihan Basic Guiding merupakan salah satu kegiatan yang dirancang pelaksana KKN PPM di Desa Manggis, Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem dalam upaya peningkatan kapasitas SDM masyarakat sebagai pengelola potensi desa. Hal ini berkaitan dengan upaya pengembangan Desa Manggis sebagai desa wisata dan pengembangan ekowisata Air Terjun Gerojog Sambeh Tibu Naga sebagai ikon kepariwisataan di desa tersebut. Metode yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui pendidikan, pelatihan, simulasi Ipteks, dan pendampingan. Materi mencakup tugas dan fungsi pokok dan etika pemandu serta keterampilan berkomunikasi yang efektif. Selain peningkatan kapasitas pemandu wisata lokal, luaran lainnya yang dihasilkan melalui kegiatan KKN PPM ini adalah buku saku sebagai panduan dasar melakukan aktivitas sebagai pemandu lokal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-29
How to Cite
PURNAWAN, N.L.R.; SINGARSA, I D.P.; SARDIANA, I K.. PELATIHAN BASIC GUIDING BAGI PEMANDU WISATA LOKAL DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA AIR TERJUN GEROJOG SAMBEH TIBU NAGA DI DESA MANGGIS KABUPATEN KARANGASEM. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 1, jan. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/46355>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i01.p11.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>