PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) MELALUI PRODUKSI VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DAN TURUNANNYA DI DESA DALANG DAN GADUNG SARI*

  • I N. Ardika
  • N. N. Darmiati
  • I N. Sujana

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memproduksi virgin coconut oil (VCO) dan turunannya (sabun, lulur scrubb beras, dan hand body lotion) di  desa Dalang dan Gadung Sari Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan, Bali yang merupakan produk dari BUMDes.  Metode yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada kegiatan Program Kemitraan Wilayah (PKW) ini adalah: (1) Koordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan Kelompok Tani yang tergabung dengan BUMDes pembuat VCO untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi; (2) Penyuluhan untuk membangun persepsi dan pemahaman Kelompok Tani mengenai inovasi program yang diterapkan; (3) Bimbingan dan Pelatihan mengenai terapan ipteks yang diaplikasi bagi Kelompok Tani; (4) Pendampingan yaitu pertemuan secara berkala dan berkelanjutan antara pendamping dengan Kelompok Tani sasaran hingga ipteks yang diaplikasikankan dapat dilaksanakan secara tepat.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa  BUMDes Gadung Sari telah membuat sabun dengan pemasaran mendapat order dari Perusahan Daerah Tabanan (Dharma Santika) sebanyak 80 paket setiap bulan, setiap paket berisi empat buah sabun.  Kelompok Wanita Tani Nadi Sari Desa Dalang telah menjual sebanyak 258 botol VCO, 133 lulur scrubb beras, 125 sabun padat transparan dan 84 hand body lotion selama Pekan Kesenian Bali yang berlangsung selama 26 hari.


 


Kata kunci :  BUMDes, VCO, sabun, lulur, lotion

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-29
How to Cite
ARDIKA, I N.; DARMIATI, N. N.; SUJANA, I N.. PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) MELALUI PRODUKSI VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DAN TURUNANNYA DI DESA DALANG DAN GADUNG SARI*. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 1, jan. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/46262>. Date accessed: 09 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i01.p04.

Most read articles by the same author(s)