PENGOLAHAN BERAS MERAH LOKAL PENEBEL (Oryza sativa Var. Barak Cendana) MENJADI TEH BERAS MERAH UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT

  • N. N. Darmiati
  • N. M. S. Sukmawati

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memproduksi teh dari beras merah padi lokal Penebel (Oryza sativa Var. Barak Cendana) di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali..  Metode yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada kegiatan Program KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakt adalah: (1) Koordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan Kelompok wanita tani Desa Babahan untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi; (2) Penyuluhan untuk membangun persepsi dan pemahaman Kelompok wanita Tani mengenai inovasi program yang diterapkan; (3) Bimbingan dan Pelatihan mengenai terapan ipteks yang diaplikasikan  bagi Kelompok wanita Tani; (4) Pendampingan yaitu pertemuan secara berkala dan berkelanjutan antara pendamping dengan Kelompok wanita Tani Desa Babahan sehingga ipteks yang diaplikasikan dapat dilaksanakan secara tepat.  Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kelompok wanita tani Desa Babahan telah berhasil meningkatkan pengetahuannya dan meningkatkan keterampilannya  sehinga bisa meningkatkan nilai tambah dari  beras merah tersebut.


 


Kata kunci : beras merah, teh beras merah, peningkatan pendapatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-16
How to Cite
DARMIATI, N. N.; SUKMAWATI, N. M. S.. PENGOLAHAN BERAS MERAH LOKAL PENEBEL (Oryza sativa Var. Barak Cendana) MENJADI TEH BERAS MERAH UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 2, may 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/49307>. Date accessed: 27 may 2022. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i02.p07.

Most read articles by the same author(s)