PRODUKSI DAN KUALITAS VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI DESA DALANG DAN GADUNG SARI, KECAMATAN SELEMADEG TIMUR, KABUPATEN TABANAN

  • I N. Ardika
  • N. N. Darmiati

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memproduksi dan menganalisa kualitas virgin coconut oil (VCO) di desa Dalang dan Gadung Sari Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan. Metode yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada kegiatan Program Kemitraan Wilayah (PKW) ini adalah: (1) Koordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan kelompok wanita tani (KWT) pembuat VCO untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi; (2) Penyuluhan untuk membangun persepsi dan pemahaman masyarakat mengenai inovasi program yang diterapkan; (3) Bimbingan dan Pelatihan mengenai terapan ipteks yang diaplikasi bagi masyarakat; (4) Pendampingan yaitu pertemuan secara berkala dan berkelanjutan antara pendamping dengan masyarakat sasaran hingga ipteks yang diaplikasikankan dapat dilaksanakan secara tepat. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa untuk menghasilkan satu liter VCO dibutuhkan kelapa yang sudah matang antara 10-15 butir. Hasil analisis laboratorium menunjukkan bahwa komposisi asam lemak VCO di desa Dalang dan Gadung Sari telah sesuai dengan standard APCC (Asian and Pacific Coconut Community), kecuali kadar air sedikit lebih tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-06
How to Cite
ARDIKA, I N.; DARMIATI, N. N.. PRODUKSI DAN KUALITAS VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DI DESA DALANG DAN GADUNG SARI, KECAMATAN SELEMADEG TIMUR, KABUPATEN TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 3, aug. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/44658>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i03.p14.

Most read articles by the same author(s)