Pengembangan Sistem Informasi Database Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (SIDAKU) Sebagai Sarana Integrasi Data Menuju UMKM Tangguh Kota Batu

Main Article Content

Siti Asmaul Mustaniroh Arif Hidayat Nimas Mayang Sabrina Sunyoto Vindhya Tri Widayanti Nadya Prabaningtias Rini Yulianingsih Jaya Mahar Maligan Bayu Rahayudi Yossi Hendrawan Saraswanta Alan Hafiludin

Abstract

Saat ini, sistem informasi menjadi kebutuhan pokok dalam pengembangan Digitalisasi Industri menuju Revolusi Industri 4.0. Peningkatan kinerja dan manajemen pengelolaan bisnis, baik berorientasi komersial maupun nirlaba sangat membutuhkan sistem informasi yang mudah akses dan memiliki multiplier effect informasi yang akan didapatkan. Kota Batu menjadi salah satu sentra agroindustri olahan buah dan sayur di Jawa Timur, yang memiliki sejumlah 14.000 Usaha Mikro Kecil Menengah. Dukungan dari pemerintah terkait, termasuk Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Perdagangan serta Pusat Layanan Usaha Terpadu-KUMKM di Kota Batu dilakukan dengan memberikan jasa berupa konsultasi, pelatihan dan pendampingan, berdampak pada bertahannya beberapa pelaku UMKM dalam masa dan pasca pandemic covid 19. Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh PLUT KUMKM yaitu masih lemahnya sistem pendataan KUMKM sebagai dasar pemetaan kinerja. Oleh karena itu, pengembangan sistem informasi berbasis web untuk mengintegrasikan data Koperasi dan UMKM sangat diperlukan. Melalui program Matching Fund, tim mendiseminasikan teknologi informasi berupa Sistem Informasi Basis Data KUMKM (SIDAKU) untuk mengintegrasikan data dari Koperasi dan UMKM di Kota Batu. Tujuan dari pengembangan SIDAKU adalah untuk mengembangkan aplikasi yang mampu: (a) menampilkan data infografis dan spasial data UMKM di Kota Batu, (b) memberikan data rinci tentang UMKM baik secara organisasi, keanggotaan, maupun data kinerja usaha yang ada, dan (c) menampilkan laporan keuangan masing-masing UMKM. Dalam pengembangan aplikasi SIDAKU digunakan Agile Methodology untuk metode pengembangan SDLCnya, metode Design Thinking untuk pengembangan antar mukanya, dan diimplementasikan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan Javascript. Untuk pengujian dilakukan oleh calon pengguna, berupa pengujian fungsional dan pengujian platform (browser). Dengan adanya SIDAKU ini, diharapkan akan diperoleh data yang valid dan menyeluruh yang terintegrasi untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data oleh Pemerintah, UMKM, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUSTANIROH, Siti Asmaul et al. Pengembangan Sistem Informasi Database Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) (SIDAKU) Sebagai Sarana Integrasi Data Menuju UMKM Tangguh Kota Batu. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 104-112, mar. 2023. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/95070>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2023.v11.i01.p10.
Section
Articles

References

Rahayudi, B., Furqon, M. T., Ambarwati, L., & Worokinasih, S. (2020). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Monitoring Perkembangan Koperasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri, 230–235.
Usman, R. A., Setyawan, H. B., & Maulana, Y. M. (2016). Analisis dan Desain Sistem Monitoring dan Evaluasi Koperasi pada Dinas Koperasi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer Akuntansi, 5(6).
Whitley EA, Angeliki P, Tony C (1992). "The Spring Model for Knowledge Based Systems Analysis: A Case Study Involving Small and Medium Sized Enterprises" http://is.lse.ac.uk/wp/pdf/wp41.pdf.
Mazur GH (1998). Strategy deployment for small and medium enterprises, ISQm,f1 i-; Sydney. http://www.mazur.net/works/sme_strategy.pdf .
Stroeken JHM, Knol EWHC (1999). "The stimulation of the diffusion and adoption of information technology in small and medium-sized enterprises through IT scenarios" Research Report-Eindhoven Centre for Innovation Studies (ECIS), Eindhoven University of Technology (EUT). http://fp.tm.tue.nl/ecis/Other/RepStroeKnol.pdf.
Reid (2002). "Information System Development in the Small Firm" http://www.st~ Iandrews.ac. uk/crieff/ dpOO02. Pdf.
Pease W, Michelle R (2003). "Issues Faced by Small and Medium Enterprises (SMEs) and Their Take-Up of Ecommerce in Australian Regional Communities" http://www.usq.edu.au/users/pease/publications/WebO3.pdf
Sen BA, Taylor R (2007). "Determining the information needs of small and medium-sized enterprises: A critical success factor analysis." [Available at http://InformationR.net/ir/12-4/paper329.html]. Inf. Res., 12(4): 329.

Ashrafi R, Muhammed M (2008). Use and Impact of ICT on SMEs in Oman. Electronic J. Inf. Syst. Eval., 11(3): 125-138.
Jeffrey A. Hoffer, Joey F George, and Joseph S Valacich. 2007. Modern Systems Analysis and Design (5th. ed.). Prentice Hall Press, USA.
Alan M. Davis. A taxonomy for the early stages of the software development life cycle.
Journal of Systems and Software, 8(4):297–311, September 1988
Peter Pin-Shan Chen. 1976. The entity-relationship model—toward a unified view of data. ACM Trans. Database Syst. 1, 1 (March 1976), 9–36. https://doi.org/10.1145/320434.320440
Jacobson, Ivar (1 December 1987). "Object-oriented development in an industrial environment". ACM SIGPLAN Notices. 22 (12):
183–191. doi:10.1145/38807.38824.