Kajian Efektivitas Penerapan Metode Ringkas dalam Perkalian Susun
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Ringkas Belajar Perkalian dapat mengatasi kesulitan siswa dalam perkalian susun, pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan model rancangan penelitian eksperimental, yaitu pre experimental design dengan jenis desain pre test and post test group design. Prosedur pelaksanaan eksperimen pada penelitian ini terdiri dari rangkaian kegiatan berupa: pelaksanaan pre test, pemberian perlakuan, dan pelaksanaan post test. Eksperimen ini melibatkan dua kelompok subjek yang memperoleh perlakuan pemberian metode klasik dan metode ringkas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD No. 2 Bebalang, Kabupaten Bangli. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, dan analisis data kuantitatif terhadap data-data yang diperoleh dari hasil pre test dan post test. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji t (t test) untuk sampel berpasangan (paired sample t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat peningkatan yang berarti terhadap perolehan belajar siswa setelah diberikan metode klasik, terlihat dari rendahnya persentase siswa yang memiliki nilai post test pada kategori sedang dan tinggi. Metode Ringkas berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan perolehan belajar siswa dalam perkalian susun. Metode ringkas efektif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam perkalian susun pelajaran matematika.