Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kunjungan pelancong di era new normal pada titik temu coffee mbloc space jakarta

  • Heidy Ivana Suyono Udayana University
  • Ida Bagus Ketut Astina Udayana University
  • I Nyoman Jamin Ariana Udayana University

Abstract

Memasuki era new normal, dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha yang dibangun, para pelaku usaha disegala bidang harus dapat beradaptasi dengan situasi saat ini. Titik Temu Coffee Mbloc Space yang merupakan salah satu salah satu usaha kedai kopi yang masih dapat melakukan penjualan secara daring dan dine-in dengan batasan tertentu di tengah pandemi Covid-19, diharuskan untuk mempersiapkan strategi dalam upaya menyongsong new normal. Pelaku usaha tidak lepas dari yang namanya strategi pemasaran yang bertujuan untuk memasarkan dan mempromosikan bisnisnya. Dalam situasi seperti ini, Titik Temu Coffee Mbloc Space harus dapat menyusun strategi bisnisnya agar kegiatan bisnis dapat bertahan dan tetap terus berjalan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan berbagai bentuk strategi bauran pemasaran dengan cara melakukan inovasi baik dari segi produk maupun dari segi layanan dalam rangka menuju new normal. Hal inilah yang dijadikan sebagai fokus penelitian untuk menekankan penggunaan strategi bauran pemasaran dalam upaya menyongsong new normal setelah pandemi Covid-19 agar Titik Temu Coffee Mbloc Space dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan baru saat ini dan dapat bertahan dalam menghadapi berbagai peluang dan ancaman yang ada. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Teknik penentuan informan menggunakan informan kunci dan informan pangkal. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, berdasarkan hasil analisis Kekuatan (S), Kelemahan (W), Peluang (O) dan Ancaman (T) pada Titik Temu Coffee Mbloc Space Jakarta dalam meningkatkan kunjungan pelancong di era new normal, dapat dibuat beberapa alternatif strategi dan program yang dapat dikembangkan oleh Titik Temu Coffee Mbloc Space antara lain Strategi SO, Strategi WO, Strategi ST, dan Strategi WT. Dalam upaya meningkatkan kunjungan Titik Temu Coffee Mbloc Space diperlukan Strategi Bauran Pemasaran yaitu dengan menarik minat pelancong, beberapa faktor yang dapat menarik minat pelancong untuk berkunjung ke Titik Temu Coffee Mbloc Space, antara lain Produk, Harga, Tempat, Promosi, SDM, Bukti Fisik, dan Proses. Juga terdapat lingkungan eksternal pada Titik Temu Coffee Mbloc Space antara lain Lingkungan Eksternal Makro dan Lingkungan Eksternal Mikro.


Kata Kunci: Strategi bauran pemasaran dan kunjungan pelancong

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-18
How to Cite
SUYONO, Heidy Ivana; ASTINA, Ida Bagus Ketut; ARIANA, I Nyoman Jamin. Strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan kunjungan pelancong di era new normal pada titik temu coffee mbloc space jakarta. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 321-341, may 2025. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/82323>. Date accessed: 03 nov. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>