Strategi pemasaran pada masa pandemi di hotel the lerina nusa dua bali
Abstract
Pandemi Covid-19 telah membuat aktivitas pariwisata di seluruh dunia, termasuk Bali, berhenti beroperasi. The Lerina Hotel Nusa Dua adalah salah satu hotel yang terkena dampak pandemic COVID-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal Hotel The Lerina Nusa Dua Bali dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Hotel The Lerina Nusa Dua Bali.
Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan untuk sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, deskriptif kualitatif yang diuraikan dengan menggunakan matriks SWOT dan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas.
Hasil penelitian menyatakan bahwa lingkungan internal berisi segmenting, targeting dan positioning serta bauran pemasaran 7P. Lingkungan eksternal berisi faktor kompetisi, regulasi dan legalisasi, ekonomi, teknologi, lingkungan dan sosial budaya. Adapun strateginya meliputi : Strategi SO: Partnership Strategy yang berupaya menjalin hubungan jangka pangjang dengan para konsumen. Strategi ST: Strategi Diversifikasi Produk untuk mencari atau mengembangkan produk dan pasar baru dalam rangka peningkatan penjualan dan fleksibilitas. Strategi WO: Strategi meningkatkan kualitas SDM untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam melayani tamu. Strategi WT strategi memperbaiki kualitas produk dan jasa dengan memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana yang tidak lengkap sehingga wisatawan akan merasa nyaman.
Kata kunci : Hotel, Pandemi, Strategi Pemasaran.