Karakteristik dan persepsi wisatawan terhadap kualitas pelayanan di luhtu’s coffe shop sanur bali
Abstract
Bali adalah sebuah provinsi dari Republik Indonesia yang terletak diantara Pulau Jawa dan Pulau Lombok, Pulau Bali juga terkenal dengan sebutan Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura dan Bali Dwipa. Bali juga mempunyai beberapa pulau kecil yang termasuk dalam wilayah Provinsi Bali, diantaranya adalah pulau nusa penida, pulau nusa lembongan, pulau ceningan, pulau serangan, dan pulau menjangan. Ibukota dari Provinsi Bali adalah Denpasar yang terletak di sebelah selatan dari Pulau Bali. Salah satu daerah pariwisata yang terkenal di Bali adalah kawasan wisata Sanur, yang terletak di Kecamatan Denpasar Selatan. Kawasan wisata Sanur ini mempunyai banyak tempat makan yang cukup ramai dikunjungi wisatawan salah satunya Luhtu’s Coffe Shop Sanur yang didirikan oleh Luh Putu Sarini pada tahun 2008. Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, penyebaran kuesioner, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu Accidental Sampling dengan menggunakan rumus skala likert dapat diperhitungkan bahwa kuesioner responden yang digunakan berjumlah 50 responden dengan 20 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari hasil karakteristik wisatawan yang berkunjungdiketahui bahwa tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan di Luhtu’s Coffe Shop memperoleh kriteria sangat baik atau sangat memuaskan yang di dapat dari penilaian wisatawan berdasarkan penyebaran kuesioner dan indikator dengan kriteria performance(kinerja), durability (daya tahan), conformance to specifications (kesesuaian dengan spesifikasi),features (fitur), aesthetics (estetika), perceived (kesan kualitas), dan serviceability (pelayanan). Adapun saran yang diberikan kepada pihak Luhtu’s Coffe Shop yaitu, dari segi desain kemasan yang dirasa kurang mernarik bagi wisatawan, agar dirubah atau ditambahkan gambar – gambar yang lebih menarik lagi, selain itu juga dari segi pelayanan agar dipertahankan.
Kata Kunci: Karakteristik, Persepsi, Kualitas Pelayanan