STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN PENJUALAN WARUNG CANGKRUK DI KOTA DENPASAR BALI

  • Dona Clarisa Universitas Udayana
  • IB Ketut Astina Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Warung Cangkruk Bali adalah salah satu  yang terdapat di Kota Denpasar. Pertumbuhan  dan rumah makan yang meningkat merupakan suatu tantangan bagi  Warung Cangkruk Bali. Tantangan tersebut harus dihadapi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen untuk membeli produk  Warung Cangkruk Bali. Dalam rangka mengahadapi tantangan tersebut, pihak Warung Cangkruk memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan dalam menjalankan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui strategi pemasaran  Warung Cangkruk Bali dari analisis faktor internal dan eksternal, 2) merumuskan alternatif strategi pemasaran Wrung Cangkruk Bali melalui analisis SWOT.


Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan matriks IFE untuk menganalisis faktor internal yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki  Warung Cangkruk Bali. Dan matriks EFE untuk menganalisis lingkungan eksternal yang berkaitan dengan peluang dan ancaman yang dimiliki  Warung Cangkruk Bali. Hasil dari analisis matriks IFE dan EFE kemudian diolah dengan menggungakan matriks Internal External (IE) dan matriks Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threads (SWOT) untuk mendapatkan formulasi strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh  Warung Cangkruk Bali. Faktor-faktor lingkungan Internal yang menjadi kelemahan  Warung Cangkruk Bali adalah pegawai yang memiliki pendidikan rendah, pengelolaan promosi melalui media elektronik, cetak, dan sosial yang belum maksimal, dan penggunaan sistem kasir yang belum maksimal. Faktor-faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang untuk  Warung Cangkruk Bali adalah jumlah penduduk yang terus meningkat, perubahan gaya hidup yang semakin dinamis, dan peningkatan daya beli masyarakat. Faktor-faktor eksternal yang menjadi ancaman untuk  Warung Cangkruk Bali adalah pertumbuhan  dan warung makan yang meningkat di Kota Denpasar, citra  dari pesaing yang lebih unggul, dan kenaikan harga bahan baku.


Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-27
How to Cite
CLARISA, Dona; ASTINA, IB Ketut; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN PENJUALAN WARUNG CANGKRUK DI KOTA DENPASAR BALI. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 244-257, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/71359>. Date accessed: 12 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>