Faktor penentu motivasi wisatawan melakukan wisata kuliner lokal di desa ubud

  • Ni Putu Fransiska Dewi Universitas Udayana
  • Ni Made Ariani Udayana University
  • I Nyoman Jamin Ariana Udayana University

Abstract

Kuliner lokal merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati warisan budaya tak benda dan juga dapat mendukung produsen atau masyarakat lokal untuk memberikan hasil budidaya lokal agar menghasilkan makanan berkualitas bagi wisatawan. Setiap wisatawan memiliki motivasi yang bebeda dalam melakukan kegiatan wisata dan perbedaan ini tentunya mempengaruhi wisata jenis apa yang dilakukan oleh wisatawan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang melakukan wisata kuliner lokal di Desa Ubud dan untuk mengetahui faktor penentu motivasi wisatawan melakukan wisata kuliner lokal di Desa Ubud.


Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus quota sampling, metode pengambilan sampel menggunakan Teknik accidental sampling dengan membagikan ke 100 orang responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data kuantitatif yang terdiri dari statistik deskriptif menggunakan skala likert, statistik inferensia menggunakan teknik analisis faktor, pengujian instrument yaitu dengan uji validitas dan uji reliabilitas.


Hasil penelitian menunjukkan karakteristik wisatawan yang melakukan wisata kuliner lokal di Desa Ubud berdasarkan tourist descriptor yaitu wisatawan perempuan yang belum menikah di usia antara 20tahun-25 tahun dengan latar belakang Pendidikan S1 yang bekerja sebagai karyawan swasta dan pendapatan antara Rp.1.000.000-Rp. 5.000.000. Sedangkan berdasarkan trip descriptor menunjukkan bahwa wisatawan yang datang yaitu dengan tujuan untuk berekreasi dimana lama tinggal yaitu 1-2hari, informasi didapatkan melalui sosial media dan bepergian menggunakan sepeda motor dengan pengeluaran antara Rp. 100.000-Rp. 500.000. Terdapat 4 faktor motivasi wisatawan yang memiliki nilai total of variance sebesar 64,142% dalam melakukan wisata kuliner lokal di Desa Ubud diantaranya motivasi emosional, harga, produk dan pelayanan.


Faktor dominan wisatawan dalam melakukan wisata kuliner lokal di Desa Ubud adalah motivasi emosional yang memiliki nilai total of variance sebesar 41,171% yang terdiri dari 4 sub faktor yaitu strategis, kesenangan, kebanggaan dan rasa cinta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
FRANSISKA DEWI, Ni Putu; ARIANI, Ni Made; JAMIN ARIANA, I Nyoman. Faktor penentu motivasi wisatawan melakukan wisata kuliner lokal di desa ubud. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 1-20, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/76317>. Date accessed: 13 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>