STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATAN PENJUALAN WARUNG CANGKRUK DI KOTA DENPASAR BALI
Abstract
Warung Cangkruk Bali adalah salah satu yang terdapat di Kota Denpasar. Pertumbuhan dan rumah makan yang meningkat merupakan suatu tantangan bagi Warung Cangkruk Bali. Tantangan tersebut harus dihadapi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen untuk membeli produk Warung Cangkruk Bali. Dalam rangka mengahadapi tantangan tersebut, pihak Warung Cangkruk memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan dalam menjalankan usahanya. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui strategi pemasaran Warung Cangkruk Bali dari analisis faktor internal dan eksternal, 2) merumuskan alternatif strategi pemasaran Wrung Cangkruk Bali melalui analisis SWOT.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan matriks IFE untuk menganalisis faktor internal yang berkaitan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Warung Cangkruk Bali. Dan matriks EFE untuk menganalisis lingkungan eksternal yang berkaitan dengan peluang dan ancaman yang dimiliki Warung Cangkruk Bali. Hasil dari analisis matriks IFE dan EFE kemudian diolah dengan menggungakan matriks Internal External (IE) dan matriks Strenghts, Weaknesses, Opportunities dan Threads (SWOT) untuk mendapatkan formulasi strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh Warung Cangkruk Bali. Faktor-faktor lingkungan Internal yang menjadi kelemahan Warung Cangkruk Bali adalah pegawai yang memiliki pendidikan rendah, pengelolaan promosi melalui media elektronik, cetak, dan sosial yang belum maksimal, dan penggunaan sistem kasir yang belum maksimal. Faktor-faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang untuk Warung Cangkruk Bali adalah jumlah penduduk yang terus meningkat, perubahan gaya hidup yang semakin dinamis, dan peningkatan daya beli masyarakat. Faktor-faktor eksternal yang menjadi ancaman untuk Warung Cangkruk Bali adalah pertumbuhan dan warung makan yang meningkat di Kota Denpasar, citra dari pesaing yang lebih unggul, dan kenaikan harga bahan baku.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Penjualan