Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Di Pramana Watu Kurung Resort Ubud
Abstract
Tingginya capaian kepuasan kerja mendorong karyawan untuk memberikan hasil kerja yang maksimal serta karyawan semakin patuh atau loyal kepada perusahaan. Hal ini tentunya didukung oleh peran pimpinan perusahaan yang memahami atas kebutuhan karyawannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di Pramana Watu Kurung Resort Ubud dan faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di Pramana Watu Kurung Resort Ubud.” Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel purposive dan sampel jenuh. Sampel yang dipergunakan pada penelitian ini adalah 95 karyawan Pramana Watu Kurung Resort Ubud. Penelitian ini menggunakan 7 indikator diantaranya, faktor psikologis, faktor sosial, faktor fisik, faktor finansial, kesempatan untuk maju, pengawasan, serta perusahaan dan manajemen. Teknik analisis data yang dipergunakan, yaitu analisis faktor diolah menggunakan SPSS versi 22.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada empat faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di Pramana Watu Kurung Resort Ubud. “Adapun faktor tersebut diantaranya, faktor psikologis yang mempunyai nilai eigenvalue 4.142 dengan jumlah variance 29.588 persen, pengawasan mempunyai nilai eigenvalue 2.321 dengan jumlah variance 16.579 persen, faktor fisik mempunyai nilai eigenvalue 1.297 dengan jumlah variance 9.264 persen, serta kesempatan untuk maju mempunyai nilai eigenvalue 1.016 dengan jumlah variance 7.259 persen. Adapun faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di Pramana Watu Kurung Resort Ubud adalah faktor psikologis yang mempunyai nilai eigenvalue 4.142 dengan jumlah variance 29.588 persen.”