Pengaruh model AISAS terhadap keputusan wisatawan dalam pembelian Bali Banana
Abstract
Semakin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Bali, tentu membuat berbagai industri lainnya terus berkembang.Salah satunya industri oleh-oleh makanan yaitu Bali Banana.Produk ini hadir dengan konsep yang baru dan unik di era teknologi dengan perubahan perilaku konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model AISAS dan variabel manakah yang memiliki pengaruh paling dominan.Selanjutnya dikaji bagaimana model AISAS tersebut dapat mempengaruhi keputusan pembelian Bali Banana.Teknik pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 wisatawan.Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada variabel AISAS (attention, interest, search, action, share) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan hal ini dibuktikan dengan hasil nilai F hitung sebesar 26,554 > F tabel sebesar 3,94. Kemudian pada dimensi attention (x1) diperoleh nilat t hitung sebesar 0,324 dengan sig. 0,747 yang berarti tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (y), pada interest (x2) diperoleh nilat t hitung sebesar 3,541 dengan sig. 0,001 yang berarti berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (y), pada search (x3) diperoleh nilat t hitung sebesar 0,463 dengan sig. 0,644 yang berarti tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (y), pada action (x4) diperoleh nilat t hitung sebesar 3,567 dengan sig. 0,001 yang berarti berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (y), pada share (x5) diperoleh nilat t hitung sebesar 2,104 dengan sig. 0,038 yang berarti berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (y). Dari model AISAS tersebut, interest merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan wisatawan untuk melakukan pembelian Bali Banana.Hal ini dikarenakan, Bali Banana hadir dengan konsep yang baru sehingga wisatawan tertarik untuk menjadikan Bali Banana sebagai pilihan oleh-oleh makanan alternatif saat berkunjung ke Bali.
Kata kunci : Model AISAS, Keputusan Wisatawan, Interest, Bali Banana