Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan di Komaneka Resorts, Komaneka Bisma Ubud

The Effect of Work Motivation on Employee Productivity at Komaneka Resorts, Komaneka Bisma Ubud

  • Ni Made Dwi Parwati Student
  • Anak Agung Putri Sri Universitas udayana
  • Ni Putu Ratna Sari Ratna Sari Universitas udayana

Abstract

Karyawan merupakan sumber daya manusia sebagai pelaku yang menunjang tercapainya tujuan. Sumber daya manusia dikatakan produktif apabila dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tepat waktu. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas adalah motivasi kerja. Penelitian ini memilih lokasi di Komaneka Bisma dikarenakan persentase okupansi kamar di Komaneka Bisma pada tahun 2019 mengalami fluktuatif apabila dilihat dari bulan februari sampai mei di tahun 2019 dibandingkan dengan tahun 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas karyawan dan untuk mengetahui seberapa besar motivasi kerja memberikan pengaruh terhadap produktivitas karyawan di Komaneka Resorts, Komaneka Bisma.


  Teknik penentuan sampel yang digunakan menggunakan sampling jenuh dengan 112 kuesioner kepada seluruh karyawan operasional di Komaneka Bisma Ubud. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, hipotesis (uji t), dan koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel motivasi kerja secara parsial mempengaruhi produktivitas karyawan di Komaneka Bisma Ubud. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 46% variabel motivasi kerja. Uji t pada variabel motivasi kerja (X), menunjukan bahwa nilai t-hitung dengan nilai 9,688 lebih besar daripada t-tabel dengan nilai 1.981 serta nilai signifikansi variabel X sebesar 0,000 lebih kecil daripada nilai signifikansi alpha sebesar 0,025, bahwa hipotesis H0 ditolak dan variabel motivasi kerja (X) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap produktivitas karyawan dan layak menjadi variabel penentu produktivitas karyawan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 46% variabel motivasi kerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-21
How to Cite
PARWATI, Ni Made Dwi; PUTRI SRI, Anak Agung; RATNA SARI, Ni Putu Ratna Sari. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan di Komaneka Resorts, Komaneka Bisma Ubud. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 119-137, june 2021. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/57407>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2021.v05.i01.p10.