Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan hunian kamar di Devin Sky Hotel Seminyak
Abstract
Penelitian ini di dasari oleh rendahnya tingkat penjualan kamar di Devin Sky hotel Seminyak di saat tingkat kunjungan wisatawan meningkat. Selain itu juga dilatar belakangi oleh perlunya strategi pemasaran yang baru dan signifikan dalam proses persaingan pasar antar kompetitor untuk mendapatkan tingkat penjualan kamar yang lebih baik dari sebelumnya dengan memaksimalkan baik dari kondisi internal maupun eksternal hotel yang berpengaruh dalam proses penjualan kamar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi internal maupun ekspternal hotel yang harus ditingkatkan dalam rangka membangun strategi pemasaran yang tepat dan signifikan dalam untuk meningkatkan penjualan tingkat hunian kamar hotel. Pengumpulan data yang dilakukan didalam proses penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, kuesioner dan tinjauan pustaka, dengan lebih menitik beratkan pada penyebaran kuesioner yang didalamnya terdapat beberapa indikator sebagai pertanyaan. Kemudian dianalisis menggunakan skala likert dan analisis SWOT. Hasil yang diperoleh adalah secara umum rata – rata keseluruhan persepsi responden memperoleh hasil yang tinggi yakni sebesar 3,36. Hal ini menunjukan indikator dalam penyataan tersebut menjawab bahwa pelanggan merasakan kualitas pemasaran yang cukup baik dari segi lingkungan internal dan eksternal. Berdasarkan hasil analisis SWOT, terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan startegi baru yaitu strategi SO dengan Menambah promosi produk sesuai dengan selera dan kebutuhan wisatawan serta meningkatkan promosi online. Strategi WO dengan lebih memfokuskan dan memprioritaskan segmentasi pasar Asia. Serta strategi ST yaitu dengan penggunaan kebijakan-kebijakan promosi yang menarik wisatawan, seperti pemberian potongan harga dan membuat paket penjualan tertentu dengan harga yang lebih rendah namum kompetitif
Kata kunci : Strategi pemasaran, SWOT, Hunian Kamar