Faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan di eden hotel kuta bali

contoh

  • Agni Dwi Ardanata udayana
  • IB. Ketut Astina Univeristas Udayana
  • Ni Ketut Arismayanti Universitas Udayana

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali tentang penggambaran hotel yang memiliki tujuan tersendiri sehingga membutuhkan SDM yang baik untuk melangsungkan tujuan tersebut, namun jika perusahaan tidak memperhatikan karyawannya maka karyawan yang diharapkan bisa mendatangkan penghasilan yang besar untuk hotel akan pergi dan memilih pindah keperusahaan yang lain. Penelitian ini dilakukan di Eden Hotel Kuta, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang mempengaruhi terjadinya turnover di Eden Hotel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran kuisoner. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah pihak HRD Eden Hotel, penyebaran kuisoner di sebarkan sebanyak 80 kuisoner. Data yang dikumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif berupa analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan ada 4 variabel dominan, menggunakan presentasi cumulative extraction sum of squared loading, dengan hasil Budaya Organisasi memiliki cumulative 75.01 persen, Gaya Kepemimpinan memiliki cumulative 72,04 persen, Kepuasan Kerja memiliki cumulative 81.37 persen, dan Karir memiliki cumulative 82.37 persen. Terdapat 4 variabel dan masing-masing memiliki 4 indikator sehingga terdapat 16 indikator, dari hasil penelitian dapat diketahui cara mengatasi turnover dengan cara mensejahterakan karyawan dengan memberikan jenjang karir yang jelas serta membantu memenuhi kebutuhan karyawan sehingga tercipta kepuasan kerja. Saran yang dapat diberikan berupa masukan kepada pemimpin atau pengatur perusahaan untuk lebih mendekatkan diri atau menghargai karyawannya agar keinginan untuk turnover menjadi menurun.


Kata kunci : Turnover, Karyawan, Hotel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-09
How to Cite
ARDANATA, Agni Dwi; ASTINA, IB. Ketut; ARISMAYANTI, Ni Ketut. Faktor-faktor yang mempengaruhi turnover intention karyawan di eden hotel kuta bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 12-32, june 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/31974>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2018.v02.i03.p02.

Most read articles by the same author(s)