Memorable tourism experiences (MTEs) mahasiswa internasional di indonesia
Abstract
Memorable tourism experiences telah diakui sebagai salah satu pemicu wisatawan untuk berkunjung kembali
ke suatu destinasi wisata dan menyebarkan referensi positif melalui word of mouth. Penelitian ini berfokus
pada memorable tourism experiences (MTE) mahasiswa internasional di Indonesia yang merupakan segmen
markate yang potensial karena mereka memiliki waktu yang relatif banyak untuk berwisata, khususnya pada
saat libur semester dan akhir pekan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan format deskriptif.
Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa mahasiswa internasional di Indonesia cenderung mengingat pengalaman wisata yang
bermanfaat bagi pengembangan diri mereka sendiri (personal outcomes). Penelitian ini juga menemukan
faktor lain yang mendukung terbentuknya memorable tourism experiences bagi mahasiswa internasional di
Indonesia, yaitu teman perjalanan, atraksi wisata, dan kuliner. Hasil penelitian ini menggarisbawahi faktor
MTE mana yang harus diprioritaskan dalam mempromosikan destinasi wisata kepada wisatwatan, khususnya
dalam hal ini mahasiswa internasional.
Kata Kunci: Pengalaman Wisata, Memorable Tourism Experiences, Mahasiswa