TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN PADA AKSESIBILITAS KE DAYA TARIK WISATA PANTAI TELUK IJO, DESA SARONGAN, KECAMATAN PESANGGRAHAN, BANYUWANGI, JAWA TIMUR

Tim Editor

  • Lucky Risa Prilya Halfi
  • I GPB Sasrawan Mananda
  • I Wayan Suardana

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif didapatkan dari wawancara mendalam kepada pengelola daya tarik wisata Pantai Teluk Ijo. Dan metode kuantitatif menggunakan kuesioner yang diberikan ke wisatawan. Kuesioner tersebut diberikan ke 88 wisatawan dengan 20 pertanyaan yang didapat dari indikator tingkat kepuasan wisatawan terhadap aksesibilitas di Pantai Teluk Ijo. Adapun indikator kepuasan wisatawan yang perlu dipertahankan adalah : 1). Penunjuk jalan pada saat tracking, 2). Kebersihan akses jalur darat, 3). Harga karcis parkir motor di akses jalur darat, 4). Lebih hemat jika menggunakan akses jalur darat, 5). Lama perjalanan menuju Pantai Teluk Ijo. Sedangkan indikator yang belum memuaskan wisatawan adalah : 1). Perlengkapan keamanan seperti tali tambang sebagai pembatas jurang di sepanjang jalan yang terdapat di jalur darat, 2). Kondisi akses jalan di jalur darat, 3). Persediaan perlengkapan keamanan dari binatang buas, 4). Adanya guide yang memeriksa kondisi wisatawan saat melakukan tracking, 5). Keamanan aksesibilitas jalur laut sudah memenuhi standart, 6). Jumlah persediaan pelampung terhadap wisatawan sudah memenuhi standart, 7). Kondisi dari kapal sesuai standart (suara mesin tidak bising, kapal tidak bergoncang ketika terkena ombak, 8). Asuransi bagi wisatawan dalam penggunaan kapal. Maka dari itu, melalui penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap aksesibilitas di Pantai Teluk Ijo. Kata kunci : destinasi wisata, tingkat kepuasan dan aksesibilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19
How to Cite
HALFI, Lucky Risa Prilya; MANANDA, I GPB Sasrawan; SUARDANA, I Wayan. TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN PADA AKSESIBILITAS KE DAYA TARIK WISATA PANTAI TELUK IJO, DESA SARONGAN, KECAMATAN PESANGGRAHAN, BANYUWANGI, JAWA TIMUR. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 18, n. 01, p. 8 - 14, july 2021. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/75808>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)