PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI WISMA UDAYANA BALI

Tim Editor

  • Nenda Erawati Sirait
  • I Nyoman Sudiarta
  • I GPB Sasrawan Mananda

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan tamu secara parsial dan simultan pada Wisma Udayana Bali. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuisioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan jumlah sampelnya adalah 32 tamu yang menginap atau pernah menginap di Wisma Udayana Bali. data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda, korelasi berganda, analisis determinasi, serta uji-t dengan taraf 5%. Pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) 15 for windos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan tamu memiliki hubungan yang positif secara parsial dan simultan. Sedangkan secara simultan diperoleh variabel tangible (X1), empathy (X2), reliability (X3), responsiveness (X4) dan assurance (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu (Y) di Wisma Udayana Bali. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Karyawan, Kepuasan Tam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-19
How to Cite
SIRAIT, Nenda Erawati; SUDIARTA, I Nyoman; MANANDA, I GPB Sasrawan. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI WISMA UDAYANA BALI. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 18, n. 01, p. 15 - 26, july 2021. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/75809>. Date accessed: 21 nov. 2024.