Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Plasticizer Terhadap Karakteristik Bioplastik Maizena

  • Dillon Marichman Purba Mahasiswa Program Studi Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana
  • Bambang Admadi Harsojuwono Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana
  • Amna Hartiati Mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Unud

Abstract

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PLASTICIZER TERHADAP KARAKTERISTIK BIOPLASTIK MAIZENA. Maizena adalah tepung jagung yang mengandung 24 - 26 persen amilosa dan 74 - 76 persen amilopektin memiliki sifat kaku dan mudah rapuh sehingga perlu ditambahkan plasticizer untuk meningkatkan karakteristik maizena bioplastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi plasticizer terhadap karakteristik maizena bioplastik, dan mengetahui jenis dan konsentrasi plasticizer yang dapat menghasilkan karakteristik maizena bioplastik terbaik. Penelitian ini menggunakan Metode Rancangan Acak Kelompok dengan dua faktor. Faktor I adalah jenis plasticizer yang terdiri dari gliserol, sorbitol dan propilen glikol. Faktor II adalah konsentrasi plasticizer terdiri dari tiga level yaitu 0,5 g; 1 g; dan 1,5 g. Percobaan menghasilkan 9 kombinasi pengobatan dan dikelompokkan menjadi 2 kelompok untuk mendapatkan 18 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dan konsentrasi plasticizer memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kekuatan tarik, perpanjangan putus, elastisitas dan pembengkakan. Sedangkan interaksi memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kekuatan tarik dan pembengkakan dan memiliki pengaruh signifikan terhadap elastisitas maizena bioplastik. Karakteristik maizena bioplastik terbaik ditemukan pada perlakuan plasticizer propilen glikol dan konsentrasi 1 g dengan karakteristik kekuatan tarik 2,325 MPa, perpanjangan putus 14,5 persen, modulus muda 16,055 MPa, pembengkakan 29,16 persen, durasi degradasi 8 hari dan mengandung gugus fungsional alkohol hidroksil (?OH), (NH2) amina, (–COOH) karboksilat, (C?C) alkuna, (–COOR) ester, (C = C) aromatik, (R – O – R ') eter, (C = C) alkena dan hidrokarbon - (CH2) n.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-30
How to Cite
PURBA, Dillon Marichman; HARSOJUWONO, Bambang Admadi; HARTIATI, Amna. Pengaruh Jenis Dan Konsentrasi Plasticizer Terhadap Karakteristik Bioplastik Maizena. IPTEKMA, [S.l.], p. 67-74, aug. 2019. ISSN 2086-1354. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/iptekma/article/view/74171>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/iptekma.2019.v08.i02.p02.
Section
Articles