Kajian Pustaka: Penggunaan Elektrolisis dalam Pembuatan Disinfektan untuk Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku di Nusa Tenggara Timur

  • Elisabeth Yulia Nugraha Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Christiany Frinaldis Nomor Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Fransiskus Apriano Man Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Beatus Gregorio Randiman Lagur Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Abstract

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) disebabkan oleh Foot and Mouth Disease Virus (FMDV) yang berasal dari famili Picornaviridae dan genus Aphtovirus sp..  Penyakit PMK sangat menular pada hewan berkuku belah baik hewan ternak maupun hewan liar seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, rusa, kijang, unta, dan gajah.  Penyakit ini menimbulkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi.  Nusa Tenggara Timur sebagai wilayah yang masih bebas PMK perlu mendapat perhatian lebih dalam upaya pencegahan penyakit PMK salah satunya dengan memerhatikan sistem biosekuritinya.  Sanitasi dan disinfeksi merupakan salah satu kunci manajemen kesehatan ternak.  Disinfektan yang digunakan masyarakat umumnya memiliki harga yang lumayan mahal dengan ekonomi masyarakat yang masih tergolong rendah.  Tujuan dari penulisan artikel ini yakni untuk mendorong masyarakat menggunakan disinfektan yang ramah lingkungan menggunakan teknologi elektrolisis dalam upaya mendukung pencegahan PMK di Nusa Tenggara Timur. Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode studi literatur yaitu mencari dan menghimpun berbagai referensi yang berkaitan dengan topik studi dalam kurung waktu 5 tahun terakhir. Studi kepustakaan difokuskan pada referensi mengenai PMK, status PMK di Indonesia, dampak sosial ekonomi PMK, struktur perekomonian di Nusa Tenggara Timur khususnya bidang peternakan, disinfektan dan metode elektrolisis, Sodium Hypochlorite (NaOCl), serta penggunaannya.  Teknologi elektrolisis menghasilkan larutan yang mengandung NaOCl.  Larutan NaOCl yang mengandung konsentrasi 1% sudah dapat dijadikan sebagai disinfektan.  Kelebihan lain yang dimiliki oleh NaOCl adalah harganya yang murah, terjangkau, dan mudah digunakan oleh masyarakat umum.  Berdasarkan hasil studi literatur dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi elektrolisis dalam pembuatan disinfektan ramah lingkungan dapat mendukung pencegahan PMK di Nusa Tenggara Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fransiskus Apriano Man, Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Beatus Gregorio Randiman Lagur, Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Program Studi Peternakan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Published
2023-06-30
How to Cite
NUGRAHA, Elisabeth Yulia et al. Kajian Pustaka: Penggunaan Elektrolisis dalam Pembuatan Disinfektan untuk Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku di Nusa Tenggara Timur. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 498-505, june 2023. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/97349>. Date accessed: 09 may 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2023.12.3.498.
Section
Review Article

Most read articles by the same author(s)