Kajian Pustaka: Faktor-Faktor Virulensi Staphylococcus aureus yang Berperan Penting dalam Kejadian Mastitis pada Sapi Perah

  • Savira Azhari Larasati Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
  • Sarasati Windria Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
  • Adi Imam Cahyadi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Abstract

Staphylococcus aureus memiliki kepentingan di dunia kedokteran hewan sebagai agen penyebab mastitis pada sapi perah.  Bakteri S. aureus dapat menghasilkan bermacam faktor virulensi yang dapat membantu patogen ini dalam setiap tahap proses patogenesis mastitis, dimulai dari perlekatan S. aureus ke sel ambing hingga menimbulkan kerusakan yang menyebar ke jaringan ambing.  Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menelaah berbagai artikel ilmiah yang terkait dengan topik penelitian ini melalui mesin pencari Google Scholar (https://scholar.google.co.id).  Penelitian ini bertujuan untuk mengulas karakteristik beberapa faktor virulensi S. aureus yang sering dilaporkan berperan dalam kejadian mastitis pada sapi perah.  Faktor virulensi tersebut antara lain yaitu biofilm, clumping factor, fibronectin binding protein, hemolisin, koagulase, Panton-Valentine leukocidin, kapsul, dan superantigen seperti toksin toxic shock syndrome (TSST), serta enterotoksin (SE).  Kombinasi produksi faktor virulensi oleh S. aureus dianggap dapat meningkatkan derajat keparahan mastitis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sarasati Windria, Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Departemen ilmu Kedokteran Dasar, Divisi Mikrobiologi

Adi Imam Cahyadi, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Departemen Ilmu Kedokteran Dasar, Divisi Mikrobiologi

Published
2020-11-30
How to Cite
LARASATI, Savira Azhari; WINDRIA, Sarasati; CAHYADI, Adi Imam. Kajian Pustaka: Faktor-Faktor Virulensi Staphylococcus aureus yang Berperan Penting dalam Kejadian Mastitis pada Sapi Perah. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 984-999, nov. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/70290>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.6.984.
Section
Review Article

Most read articles by the same author(s)