Kajian Pustaka: Pemanfaatan Biji Kapulaga Jawa (Amomum compactum) Sebagai Antiinflamasi dan Antibiotic Growth Promoter Alternatif untuk Ternak

  • Arvia Nisrina Praditha Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
  • Tyagita Hartady Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
  • Nur Atik Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Abstract

Antibiotic growth promoter (AGP) telah digunakan pada hewan produksi untuk meningkatkan pertumbuhan dan efisiensi konversi pakan.   Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas utama beberapa AGP dapat disebabkan oleh efek antiinflamasinya yang menyebabkan penurunan katabolisme otot dan pencegahan anoreksia.  Hal tersebut membuat energi banyak disimpan untuk perkembangan otot dan pertumbuhan.   Meskipun penggunaan AGP telah menjadi praktik umum pada hewan produksi, penggunaannya yang ekstensif telah berkontribusi pada munculnya resistensi antimikrob patogen zoonosis.  Salah satu strategi yang menjanjikan adalah dengan mencari alternatif AGP yaitu dengan penggunaan obat herbal sebagai terapi integratif, komplementer dan preventif.  Kapulaga jawa (Amomum compactum) banyak dimanfaatkan secara tradisional pada bidang medis dan telah diteliti mengenai efek antiinflamasi, efek protektif pada saluran cerna, serta pada peningkatan daya cerna pakan pada fermentasi rumen.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan penelusuran literatur melalui pencarian data pada basis data Pubmed, Science Direct, maupun Google Scholar untuk penelitian ini yang dipublikasikan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.  Hasil studi literatur ini membahas peran antiinflamasi dari A. compactum yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif penggunaan AGP.  Hal ini berkaitan dengan penurunan energi katabolik pada respons fase akut yang menyebabkan energi lebih banyak disimpan untuk tujuan perkembangan otot dan pertumbuhan.  Pemahaman lebih jauh mengenai mekanisme A. compactum sebagai alternatif AGP tentunya sangat diperlukan sehingga akan dapat dihasilkan produk alternatif AGP yang efektif tanpa mendorong resistensi antimikrob.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Atik, Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Departemen Ilmu Kedokteran Dasar

Published
2020-11-30
How to Cite
PRADITHA, Arvia Nisrina; HARTADY, Tyagita; ATIK, Nur. Kajian Pustaka: Pemanfaatan Biji Kapulaga Jawa (Amomum compactum) Sebagai Antiinflamasi dan Antibiotic Growth Promoter Alternatif untuk Ternak. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 959-969, nov. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/68917>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.6.959.
Section
Review Article