Laporan Kasus: Keberhasilan Penanganan White Scours Diarrhea pada Sapi Pedet Hasil Persilangan Simmental dengan Peranakan Ongole

  • Soedarmanto Indarjulianto Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada
  • Alfarisa Nururrozi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada
  • Yanuartono Yanuartono Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada
  • Sugi Winarsih Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Hewan Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Abstract

White scours atau calf scours adalah penyakit yang sering terjadi pada pedet dengan gejala klinis diare berwarna putih kekuningan.  Seekor sapi pedet peranakan simmental-peranakan ongole betina berumur satu bulan dengan berat ±30 kg, dilaporkan mengalami diare dan lemas.  Hasil pemeriksaan fisik pada pedet didapatkan hasil suhu tubuh demam (40,4°C), rambut berdiri dan kusam, peristaltik usus meningkat, dan diare dengan konsistensi feses sangat lunak berwarna putih kekuningan.  Hasil pemeriksaan feses dengan metode natif menunjukkan adanya telur cacing Neoascaris vitulorum.  Hasil kultur pada media ditemukan bentuk bakteri cocobacillus Gram negatif yang diduga E. coli.  Berdasarkan anamnesis, gejala klinis, dan pemeriksaan fisik serta laboratorium, pedet didiagnosis mengalami white scours diarrhea diduga akibat colibasillosis dan toksokariasis.  Terapi yang diberikan yaitu pemberian injeksi antibiotik (kombinasi penicillin dan dihydrostreptomycin), kombinasi dipyrone dan lidocaine, serta pemberian albendazole per oral. Pedet menunjukkan gejala perbaikan setelah pemberian terapi ini.  Pada hari kelima setelah pengobatan, warna feses kembali normal dan cacing mulai keluar melalui anus.  Pada hari ke-15 setelah pengobatan, berat badan pedet mengalami peningkatan, pedet tampak aktif dan sudah mulai makan hijauan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Soedarmanto Indarjulianto, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Penyakit Dalam

Alfarisa Nururrozi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Penyakit Dalam

Yanuartono Yanuartono, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada

Departemen Ilmu Penyakit Dalam

Published
2022-03-31
How to Cite
INDARJULIANTO, Soedarmanto et al. Laporan Kasus: Keberhasilan Penanganan White Scours Diarrhea pada Sapi Pedet Hasil Persilangan Simmental dengan Peranakan Ongole. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 282-291, mar. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/66291>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.2.282.
Section
Case Report

Most read articles by the same author(s)