Tingkah Laku Harian Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) di Bali Safari and Marine Park, Gianyar

  • NURI DWI YUDARINI Universitas Udayana
  • SRI KAYATI WIDYASTUTI Universitas Udayana
  • I GEDE SOMA Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkah laku harian gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) di penangkaran Bali Safari and Marine Park, Gianyar. Dua ekor gajah sumatera berjenis kelamin betina (Rini dan Juleha) diamati pada pukul 09.00 – 17.00 wita selama 20 hari. Data tingkah laku harian dikumpulkan dengan metode pengamatan focal animal sampling selama 20 menit dengan mencatat kejadian tingkah laku setiap kurun waktu 30 detik. Selama 20 hari pengamatan, sehari sebelumnya dilakukan pengenalan terhadap satwa gajah dan lokasi pengamatan sehingga akan didapat suatu tingkah laku harian gajah sumatera.
Dari hasil pengamatan diperoleh 500 data focal animal sampling dengan total 20500 kejadian tingkah laku. Hasil pengamatan tingkah laku harian pada kedua ekor gajah sumatera di BSMP menunjukkan bahwa gajah memiliki proporsi tingkah laku paling banyak untuk makan (43,76%), istirahat (26,20%), pergerakan (15,73%), berkubang (7,53%), lain-lain (4,84%), salt lick (1,40%) dan minum (0,54%).
Untuk proporsi tingkah laku makan di BSMP memiliki proporsi yang sama dengan tingkah laku makan yang ada di habitat aslinya. Proporsi tingkah laku pergerakan dan berkubang di BSMP menunjukkan hasil presentase lebih kecil dari proporsi tingkah laku di habitat asli. Sedangkan, proporsi tingkah laku istirahat di BSMP menunjukkan presentase lebih tinggi dibandingkan di habitat aslinya. Dan untuk proporsi tingkah laku salt lick dan minum di BSMP menunjukkan hasil yang dengan presentase tingkah laku di habitat aslinya.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
YUDARINI, NURI DWI; WIDYASTUTI, SRI KAYATI; SOMA, I GEDE. Tingkah Laku Harian Gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) di Bali Safari and Marine Park, Gianyar. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], sep. 2013. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/6541>. Date accessed: 04 july 2024.
Section
Articles

Keywords

Gajah Sumatera, Tingkah Laku, Bali Safari and Marine Park