Pengaruh Konsumsi Urin Sapi Bali terhadap Kadar Glukosa Darah dan Lipoprotein Tikus Putih

  • RACHEL YUNIAR CHRISTY
  • I NYOMAN SUARSANA
  • SRI KAYATI WIDYASTUTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari konsumsi atau urinotheraphy urin sapi bali terhadap kadar glukosa dan lipoprotein tikus. Tikus percobaan dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan, tiap perlakuan terdiri dari 5 ekor hewan percobaan. Satu kelompok sebagai kelompok kontrol negatif (K1) diberi aquades, kelompok K2 diberi larutan sukrosa 50%, dan 2 klompok lainnya (K3 dan K4) adalah kelompok tikus normal dan diberi larutan sukrosa 50% dan urin sapi bali dengan dosis yang berbeda-beda 0,5 dan 1cc/ekor/hari/oral. Senyawa yang terkandung dalam urin sapi bali di analisis dengan menggunakan Kromatografi Gas Spektometri Massa (GCMS). Perlakuan diberikan selama 14 hari. Pada akhir penelitian, semua tikus percobaan di euthanasia, kemudian darah diambil melalui jantung dan dimasukkan ke dalam tabung vacumtainer yang telah berisi EDTA untuk mendapatkan plasma. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biokimia Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan UPTD Laboratorium Analisis Propinsi Bali. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan masing-masing terdiri dari 4 ulangan. Variabel yang diamati yaitu perubahan kadar glukosa dan lipoprotein tikus pada masing-masing perlakuan. Data dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan disik ragam (ANOVA). Jika hasil analisis berbeda nyata (P<0,05) akan dilanjutkan dengan uji Duncan.
Hasil kromatografi gas menunjukkan bahwa analisis urin sapi bali mengandung fenol, asam asetat, asam isosianat, asam propeonat, octacosane, dan senyawa nitrogen oksida. Hasil analisis kadar glukosa, kolesterol, dan HDL dimana pada semua kelompok perlakuan menunjukkan hasil berbeda nyata (P>0,05). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian urin sapi bali mampu menurunkan kadar glukosa, kolesterol, dan trigliserid dan mampu meningkatkan kadar HDL. Diharapkan dengan pemberian urin sapi bali dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit degenarif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I NYOMAN SUARSANA
Lab Biokimia  Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
SRI KAYATI WIDYASTUTI
Lab Ilmu Penyakit Dalam Hewan Kecil, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Published
2012-07-09
How to Cite
CHRISTY, RACHEL YUNIAR; SUARSANA, I NYOMAN; WIDYASTUTI, SRI KAYATI. Pengaruh Konsumsi Urin Sapi Bali terhadap Kadar Glukosa Darah dan Lipoprotein Tikus Putih. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], july 2012. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/645>. Date accessed: 12 june 2024.
Section
Articles

Keywords

Kadar Glukosa Darah, Pengaruh Konsumsi Urin Sapi Bali, Lipoprotein Tikus Putih

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>