Prevalensi Cacing Nematoda Saluran Pencernaan pada Kambing Peranakan Ettawa di Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

  • Taufik Mukti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Made Oka Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Made Dwinata Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi cacing nematoda saluran pencernaanpada kambing Peranakan Ettawa di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.Sampel feses diambil dari 160 ekor kambing Peranakan Ettawa yang dipilih secara purposivesampling pada setiap desa di Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Fesesdiperiksa dengan uji apung untuk mendeteksi keberadaan telur cacing nematoda saluran pencernaanberdasarkan morfologinya. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 160 sampel feses kambingPeranakan Ettawa ditemukan sebanyak 83 sampel (51,9%) positif telur cacing nematoda saluranpencernaan tipe Strongyl. Berdasarkan umur, prevalensi pada kambing muda (umur di bawah 12bulan) dan kambing dewasa (umur 12 bulan ke atas) masing-masing adalah 37,5% dan 66,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Taufik Mukti, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan
Ida Bagus Made Oka, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Parasitologi Veteriner
I Made Dwinata, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Parasitologi Veteriner
Published
2016-08-18
How to Cite
MUKTI, Taufik; OKA, Ida Bagus Made; DWINATA, I Made. Prevalensi Cacing Nematoda Saluran Pencernaan pada Kambing Peranakan Ettawa di Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], aug. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/24924>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Parasit saluran pencernaan, nematoda, peranakan ettawa, prevalensi.