Perbandingan Kecepatan Kesembuhan Luka Insisi yang Diberi Amoksisilin-Deksametason dan Amoksisilin-Asam Mefenamat pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus)

  • Ni Kadek Laura Sastrawan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Anak Agung Gde Jaya Wardhita Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Ketut Anom Dada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Luh Made Sudimartini Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecepatan kesembuhan luka insisi pada tikus putih (Rattus norvegicus) yang diberikan obat deksametason dan asam mefenamat ditinjau dari gambaran makroskopik dan mikroskopik. Tiga puluh ekor tikus putih jantan dengan berat 150-200 gram dibagi menjadi tiga perlakuan, yang diinsisi pada daerah linea alba dengan panjang insisi dua cm dengan kedalaman hingga menembus peritoneum. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pengamatan makroskopik dilakukan setiap hari selama 14 hari. Pada hari ketujuh dan hari ke14, lima ekor tikus dari semua kelompok dieutanasi, kemudian kulit hingga peritoneum lokasi luka insisi dikoleksi untuk pemeriksaan histopatologis. Hasil pemeriksaan makroskopik dianalis secara deskriptif dan pemeriksaan histopatologis dianalisis menggunakan uji Non Parametrik. Hasil pemeriksaan makroskopik dan mikroskopik menunjukan bahwa tikus perlakuan III memberikan efek kesembuhan luka lebih cepat dibandingkan tikus perlakuan II dan tikus perlakuan I karena efek dari peradangan terjadi lebih sedikit (minimal) dan kerapatan kolagen yang lebih padat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Kadek Laura Sastrawan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Hewan
Anak Agung Gde Jaya Wardhita, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Bedah
I Ketut Anom Dada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Bedah
Luh Made Sudimartini, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Farmasi Veteriner
Published
2016-03-25
How to Cite
SASTRAWAN, Ni Kadek Laura et al. Perbandingan Kecepatan Kesembuhan Luka Insisi yang Diberi Amoksisilin-Deksametason dan Amoksisilin-Asam Mefenamat pada Tikus Putih (Rattus Norvegicus). Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/22882>. Date accessed: 19 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Amoksisilin, Asam Mefenamat, Deksametason, Kesembuhan Luka.