Variasi Panjang Kaki Kerbau Lumpur (Bubalus Bubalis) di Kabupaten Jembrana Bali: Panjang Humerus - Metacarpus dan Femur - Metatarsus

  • Gde Angga Caka Primanditha Fakultas Kedokteran Hewan,Universtias Udayana
  • I Ketut Suatha Fakultas Kedokteran Hewan,Universtias Udayana
  • I Nengah Wandia Fakultas Kedokteran Hewan,Universtias Udayana

Abstract

Kerbau rawa atau kerbau lumpur (Bubalus bubalis) merupakan hewan ternak yang cukup potensial dikembangkan di daerah pertanian. Penelitian ditujukan untuk mengkaji variasi panjang kaki kerbau lumpur (panjang dari humerus sampai dengan metacarpus dan dari femur sampai metatarsus) dari dua blok di Kabupaten Jembrana, Bali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Blok Barat, panjang kaki depan atas merupakan ukuran kaki yang paling seragam dan panjang kaki depan bawah merupakan ukuran kaki yang paling beragam. Pada Blok timur, panjang kaki belakang bawah merupakan ukuran kaki yang paling seragam dan panjang kaki depan bawah merupakan ukuran yang paling beragam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gde Angga Caka Primanditha, Fakultas Kedokteran Hewan,Universtias Udayana
Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Hewan
I Ketut Suatha, Fakultas Kedokteran Hewan,Universtias Udayana
Laboratorium Anatomi dan Embriologi Veteriner
I Nengah Wandia, Fakultas Kedokteran Hewan,Universtias Udayana
Laboratorium Anatomi dan Embriologi Veteriner
Published
2016-03-25
How to Cite
PRIMANDITHA, Gde Angga Caka; SUATHA, I Ketut; WANDIA, I Nengah. Variasi Panjang Kaki Kerbau Lumpur (Bubalus Bubalis) di Kabupaten Jembrana Bali: Panjang Humerus - Metacarpus dan Femur - Metatarsus. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], mar. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/22880>. Date accessed: 19 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kerbau lumpur, panjang kaki, makepung, Kabupaten Jembrana