Gambaran Patologi Kasus Kolibasilosis pada Babi Landrace

  • Fitri Irawan Rahmawandani Udayana University
  • I Made Kardena Udayana University
  • I Ketut Berata Udayana University

Abstract

Kolibasilosis merupakan penyakit yang sering terjadi pada babi dengan patologis pada usus halusnya yang disebabkan oleh bakteri E. coli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perubahan patologi anatomi berupa distensi dan pembengkakan usus halus babi Landrace yang terinfeksi kolibasilosis pada umur babi sebelum dan setelah disapih, serta mengetahui perbedaan derajat keparahan lesi histopatologi berupa kongesti, perdarahan, dan infiltrasi sel-sel radang usus halus babi Landrace yang terinfeksi kolibasilosis pada kedua perbedaan usia babi tersebut. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa kasus patologi dari 18 sampel usus halus dan preparatnya pada babi Landrace yang positif terinfeksi kolibasilosis di Laboratorium Patologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana tahun 2010 sampai 2012. Penelitian dilakukan di Laboratorium Patologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan nyata terhadap derajat keparahan distensi dan pembengkakan usus halus babi Landrace yang terinfeksi kolibasilosis baik pada umur babi yang sebelum maupun yang setelah disapih. Namun ada perbedaan derajat keparahan pada pengamatan infiltrasi sel-sel radang usus halus babi Landrace yang terinfeksi kolibasilosis diantara babi sebelum disapih dengan yang setelah disapih. Jadi ada keterkaitan antara derajat keparahan dengan umur sapih babi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitri Irawan Rahmawandani, Udayana University
Mahasiswa Program Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
I Made Kardena, Udayana University
Laboratorium Patologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
I Ketut Berata, Udayana University
Laboratorium Patologi Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
Published
2014-10-20
How to Cite
RAHMAWANDANI, Fitri Irawan; KARDENA, I Made; BERATA, I Ketut. Gambaran Patologi Kasus Kolibasilosis pada Babi Landrace. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], oct. 2014. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/11150>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kolibasilosis merupakan penyakit yang sering terjadi pada babi dengan patologis pada usus halusnya yang disebabkan oleh bakteri E. coli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perubahan patologi anatomi berupa distensi dan pembengkakan usus h

Most read articles by the same author(s)