Kajian Pustaka: Obstruksi Esofagus oleh Benda Asing pada Ternak Sapi Betina dari Berbagai Ras

  • Bq. Harvani Universitas Udayana
  • M. Farhan Al Ma'arif Universitas Udayana
  • Yeni Ratna Sari Universitas Udayana
  • Milda Lailia Universitas Udayana
  • Ni Made Adinda Arya Ningrum Universitas Udayana
  • I Wayan Batan Laboratorium Diagnosis klinik, Patologi Klinik, dan Radiologi Veteriner, Fakultas Kedoteran Hewan, Universitas Udayana

Abstract

Obstruksi esofagus adalah suatu kondisi abnormal akibat adanya penyempitan atau penyumbatan saluran kerongkongan/esofagus. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui metode diagnosis dan cara-cara penanganan pada kasus obstruksi esofagus. Penyumbatan pada esofagus dapat disebabkan oleh tertelannya benda asing. Penyumbatan esofagus yang telah lama terjadi dapat menyebabkan kembung/bloat pada rumen dan retikulum penderita karena hewan sulit untuk melakukan sendawa/eruktasi gas yang umum dilakukan oleh hewan ruminansia besar. Tanda klinis yang diderita hewan bervariasi berdasarkan penyebab dan letak terjadinya obstruksi, tetapi tanda klinis yang umum ditemukan ialah hewan terlihat gelisah, hipersalivasi, penurunan nafsu makan, dan anoreksia. Dari lima kasus yang dibahas dalam artikel ini, peneguhan diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan menggunakan sonde lambung atau stomach tube/oro-ruminal probe. Hasil pemeriksaan umumnya menunjukkan adanya massa yang menghambat masuknya stomach tube menuju rumen. Penanganan pada kasus obstruksi esofagus adalah dengan cara mengupayakan secara manual dengan mendorong benda asing masuk ke rumen atau dengan pembedahan. Empat dari lima kasus yang dilaporkan penanganannya dilakukan dengan pembedahan, satu di antaranya mengalami kematian saat dilakukan pemeriksaan penunjang. Untuk pengobatan pascaoperasi, pasien diberikan secara paraenteral sediaan antibiotik seperti penicillin-streptomycin serta meloxicam sebagai anti radang. Diagnosis obstruksi esofagus dapat ditegakkan berdasarkan riwayat, pemeriksaan klinis, dan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi, sedangkan penanganannya dapat dilakukan dengan pemijatan esofagus eksternal, penggunaan nasogastric tube, tabung endotrakeal, endoskopik, dan pembedahan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-25
How to Cite
HARVANI, Bq. et al. Kajian Pustaka: Obstruksi Esofagus oleh Benda Asing pada Ternak Sapi Betina dari Berbagai Ras. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 897-907, feb. 2024. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/102919>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2023.12.6.897.
Section
Review Article