STRATEGI NATION BRANDING INDONESIA DALAM PEMANFAATAN STATUS SEBAGAI TUAN RUMAH ASIAN GAMES 2018

  • Luh Komang Ayuningtyas Sekar Kinari Universitas Udayana
  • Sukma Sushanti
  • Anak Agung Ayu Intan Parameswari

Abstract

Dengan adanya globalisasi, olahraga kini menjadi instrumen untuk mencapai kepentingan negara dalam bentuk nation branding dan diplomasi publik, khususnya dengan menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan olahraga. Dalam penelitian kualitatif ini, Penulis berusaha mengkaji upaya nation branding melalui mega sporting event yaitu Asian    Games 2018. Analisis dilakukan dengan mengacu pada strategi Asian Games 2018 oleh Indonesia serta memaparkan kaitannya dengan teori Anholt mengenai nation branding yang meliputi 6 aspek, yaitu merek ekspor, peraturan pemerintah, kultur dan warisan budaya, masyarakat, pariwisata serta investasi dan imigrasi. Melalui mega sporting event ini, Indonesia berusaha mendorong kepentingan nasionalnya dalam Asian Games 2018 yang dimulai dengan proses bidding hingga secara resmi menjadi tuan rumah. Melalui indikator nation branding oleh Anholt itu, ditemukan bahwa melalui pelaksanaan mega sporting event ini, Indonesia berusaha meraih citra yang positif secara internasional dengan menjalankan pembangunan infrastruktur yang dapat mendukung kesuksesan perhelatan Asian Games 2018, termasuk menjamu wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.


 


Kata kunci: diplomasi publik, mega sporting event, nation branding, olahraga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-03
How to Cite
KINARI, Luh Komang Ayuningtyas Sekar; SUSHANTI, Sukma; PARAMESWARI, Anak Agung Ayu Intan. STRATEGI NATION BRANDING INDONESIA DALAM PEMANFAATAN STATUS SEBAGAI TUAN RUMAH ASIAN GAMES 2018. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 16-27, dec. 2024. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/105712>. Date accessed: 31 jan. 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>