Upaya Diplomasi Publik Uni Emirat Arab dalam Membentuk Citra Luxury Tourism Dubai
Abstract
Studi ini membahas tentang implementasi upaya-upaya yang dilakukan Uni Emirat Arab dalam membentuk citra pariwisata mewah melalui Dubai sebagai objek penguat citranya. Tulisan ini mengidentifikasi Dubai dengan mengadopsi konsep pariwisata mewah dunia baru yang meliputi lima faktor dari: (a) lingkungan politik-hukum, (b) lingkungan ekonomi, (c) lingkungan sosial-budaya, (d) lingkungan teknologi, dan (e) lingkungan ekologi. Berdasarkan data sekunder, penelitian ini menemukan bahwa pariwisata mewah memang telah dikembangkan oleh Uni Emirat Arab dan memberikan dampak positif pada kepentingan negara. Upaya diplomasi publik Uni Emirat Arab yang akan dijelaskan dalam tulisan ini ditunjukkan melalui: (1) manajemen berita dengan membuat situs resmi dan media sosial untuk pariwisata Dubai, (2) komunikasi strategis dengan melakukan upaya kampanye langsung ke beberapa negara dan kampanye online, serta (3) membangun hubungan baik dengan negara-negara yang berpotensial untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Uni Emirat Arab. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan pariwisata mewah Dubai dan upaya diplomasi publik yang dilakukan Uni Emirat Arab untuk memperkenalkan pariwisatanya ke masyarakat internasional berhasil, sehingga terjadi peningkatan kunjungan wisatawan yang signifikan dari tahun ke tahun dan citra pariwisata mewah Dubai juga menguat.