STRATEGI NATION BRANDING INDONESIA DALAM PEMANFAATAN STATUS SEBAGAI TUAN RUMAH ASIAN GAMES 2018
Abstract
Dengan adanya globalisasi, olahraga kini menjadi instrumen untuk mencapai kepentingan negara dalam bentuk nation branding dan diplomasi publik, khususnya dengan menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan olahraga. Dalam penelitian kualitatif ini, Penulis berusaha mengkaji upaya nation branding melalui mega sporting event yaitu Asian Games 2018. Analisis dilakukan dengan mengacu pada strategi Asian Games 2018 oleh Indonesia serta memaparkan kaitannya dengan teori Anholt mengenai nation branding yang meliputi 6 aspek, yaitu merek ekspor, peraturan pemerintah, kultur dan warisan budaya, masyarakat, pariwisata serta investasi dan imigrasi. Melalui mega sporting event ini, Indonesia berusaha mendorong kepentingan nasionalnya dalam Asian Games 2018 yang dimulai dengan proses bidding hingga secara resmi menjadi tuan rumah. Melalui indikator nation branding oleh Anholt itu, ditemukan bahwa melalui pelaksanaan mega sporting event ini, Indonesia berusaha meraih citra yang positif secara internasional dengan menjalankan pembangunan infrastruktur yang dapat mendukung kesuksesan perhelatan Asian Games 2018, termasuk menjamu wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.
Kata kunci: diplomasi publik, mega sporting event, nation branding, olahraga