Upaya Destination Branding Kroasia melalui Serial Televisi Game of Thrones
Abstrak
Pariwisata memiliki peran penting dalam memperkuat citra Kroasia. Hal ini membuat pemerintah Kroasia menaruh perhatian lebih kepada sektor pariwisata, karena selain dapat memperkuat citra, juga dapat membantu perekonomian Kroasia yang dilanda krisis ekonomi. Pemanfaatan serial televisi Game of Thrones merupakan salah satu media dari budaya populer yang digunakan oleh Kroasia untuk memperkuat destination branding. Adanya pemanfaatan serial televisi Game of Thrones oleh Kroasia, mampu meningkatkan jumlah kunjungan ke daerah – daerah yang digunakan sebagai tempat syuting dari Game of Thrones. Penelitian ini akan mengkaji upaya Kroasia dalam memperkuat destination branding yang memanfaatkan popularitas dari Game of Thrones. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, konsep yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini adalah soft power, screen tourism, dan destination branding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kroasia memanfaatkan Game of Thrones untuk mengembangkan produk wisata baru, yakni pariwisata film supaya dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dalam mengembangkan pariwisata film, Kroasia menambah atraksi baru, serta membagikan informasi yang berkaitan dengan Game of Thrones melalui pameran pariwisata di negara lain, dan melalui berbagai media online, seperti media sosial resmi, website resmi, serta artikel berita. Pada akhirnya, upaya Kroasia memanfaatkan serial Game of Thrones cukup efektif dalam mencapai kepentingannya, yakni Kroasia ingin dikenal secara positif di kalangan yang lebih luas.