ASUPAN ZAT GIZI DAN STATUS GIZI ANAK VEGETARIAN DAN NON VEGETARIAN KELAS 3-6 SEKOLAH DASAR DI BHAKTIVEDANTA DHARMA SCHOOL

  • Kadek Ayu Purwaningsih
  • I Wayan Weta
  • Putu Aryani

Abstract

Anak merupakan kelompok usia yang sedang mengalami proses tumbuh dan kembang yang sangat ditentukan oleh asupan zat gizi. Tidak sesuainya asupan zat gizi dengan kebutuhan akan menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembang anak. Salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan hal ini adalah rendahnya variasi sumber bahan makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan asupan zat gizi dan status gizi antara anak vegetarian dengan non vegetarian. Jenis penelitian analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian terdiri dari 30 anak vegetarian dan 41 non vegetarian di Bhaktivedanta Dharma School. Data asupan zat gizi dikumpulkan dengan menggunakan semikuantitatif food frequency questionnaire, data status gizi dikumpulkan dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Hasil penelitian menunjukan rerata asupan energi, protein, lemak dan serat pada anak vegetarian dan non vegetarian berbeda bermakna dengan nilai P berturut-turut (0,021; <0,001; 0,009; <0,001). Data status gizi menunjukan tidak terdapat perbedaan status gizi antara anak vegetarian dengan non vegetarian.


Kata Kunci: Anak, vegetarian, asupan zat gizi, status gizi, gizi seimbang

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kadek Ayu Purwaningsih

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Wayan Weta

2Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan (DKM-KP) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Putu Aryani

2Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan (DKM-KP) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-01-07
How to Cite
PURWANINGSIH, Kadek Ayu; WETA, I Wayan; ARYANI, Putu. ASUPAN ZAT GIZI DAN STATUS GIZI ANAK VEGETARIAN DAN NON VEGETARIAN KELAS 3-6 SEKOLAH DASAR DI BHAKTIVEDANTA DHARMA SCHOOL. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 23-26, jan. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/MU.2019.v8.I1.P4>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>