HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR DI KOTA DENPASAR

  • Gede Ari Mahendra M.
  • Luh Putu Ariastuti
  • Putu Aryani

Abstract

ABSTRAK


Status gizi (IMT/U) merupakan suatu indikatori yangi dapat diukuri dengani menggunakan antropometri. Indeksi massa tubuhi seseorang dapat dihitung dengan cara BB (kg)/TB2 (m2). Dalam keadaan normal, indeks massa tubuh tidak akan banyak berubah seiring dengan bertambahnya usia. Status gizi pada anak dapat mempengaruhi prestasi akademik anak tersebut di sekolah. Apabila status gizi anak baik, maka prestasi akademik anak pun cenderung baik. Demikian juga sebaliknya, apabila status gizi anak tidak baik, maka prestasi akademik anak pun cenderung tidak baik. Selain status gizi, prestasi akademik anak juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan belajar anak sehari-hari. Semakin baik kebiasaani belajar anak, makai prestasii akademik anak puni akani semakin baik. Selain status gizi dan kebiasaan belajar masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik anak di sekolah, yaitu kebiasaan sarapan pagi, nomor urut anak dalam keluarga, pendidikani orangi tua, status pekerjaani ibu, penghasilan orang tua, bimbingan belajar, absensi siswa. Penelitian ini memiliki desain analitik crossectional untuk melihat adanya hubungan statusi gizii dan kebiasaan belajar terhadap prestasii akademik siswa-siswi sekolahi idasar di Kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan tiga sekolah yang dipilih secara acak dengan multistage random sampling dan akhirnya terpilih SDN 6 Dauh Puri, SDN 11 Dauh Puri dan SDN 12 Dauh Puri sebagai tempat dilaksanakannya penelitian. Total peserta penelitian yang terlibat yaitu 153 peserta dari kelas 4,5 dan 6 di tiap-tiap SD. Data Penelitian selanjutnya diinput dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Analisisi univariati dan bivariati digunakan untuki melihati frekuensii dan hubungan tiap ivariabel. Berdasarkan hasil Analisa dengan menggunakan SPSS variabel status gizi dan kebiasaan belajar memilikii hubungani yang bermaknai i(p-value < 0,05), terhadap prestasi akademik siswa-siswi SD di Kota Denpasar. Hal ini berarti status gizi dan kebiasaani belajar berpengaruhi terhadap prestasii akademiki siswa-siswi SD di Kota Denpasar.


Kata kunci :  Kebiasaan Belajar, Prestasi Akademik, Status Gizi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gede Ari Mahendra M.

1. Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Luh Putu Ariastuti

2. Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan Fakutas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Putu Aryani

2. Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan Fakutas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Published
2021-02-26
How to Cite
M., Gede Ari Mahendra; ARIASTUTI, Luh Putu; ARYANI, Putu. HUBUNGAN STATUS GIZI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 91-96, feb. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/74367>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i2.P17.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>