Perbandingan Kekuatan Otot Tangan dan Kaki Penari Jauk Keras dengan Kebyar Duduk pada Mahasiswa di Institut Seni Indonesia Denpasar

  • Eka Aditya Pradnya Suwarya Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra
  • Ketut Tirtayasa

Abstract

Pendahuluan: Tarian tradisional yang banyak diminati masyarakat seperti Tari Jauk Keras dan Tari Kebyar Duduk yang sering diperlombakan oleh pemerintah maupun masyarakat di Provinsi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan kekuatan otot tangan dan otot kaki Penari Jauk Keras dengan Penari Kebyar Duduk pada mahasiswa Institut Seni Indonesia Denpasar. Metode: Penelitian inferensial ini menggunakan metode uji-t. Populasi yang digunakan sebanyak 58 orang mahasiswa laki-laki dengan sampel sebanyak 36 orang yang diklasifikasikan 18 orang penari Tari Jauk Keras dan 18 Tari Kebyar Duduk. Hasil: Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal dan bersifat homogen. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kekuatan otot tangan kanan antara penari Tari Jauk Keras sebesar 30,3333 kg dengan penari Tari Kebyar Duduk sebesar 26,0883 kg sedangkan kekuatan otot tangan kiri antara penari Tari Jauk Keras dan penari Tari Kebyar Duduk tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kekuatan otot kaki penari pada kedua jenis tari ditemukan perbedaan yang signifikan yaitu pada penari Tari Kebyar Duduk mempunyai rata-rata kekuatan otot kaki lebih besar yaitu 61,9167 kg sedangkan penari Tari Jauk Keras dengan rata-rata 48,222 kg. Simpulan: Mahasiswa di Institut Seni Indonesia Denpasar yang mengambil kompetensi Tari Jauk Keras dijumpai memiliki kekuatan otot tangan kanan lebih besar daripada penari Kebyar Duduk, dengan kekuatan otot tangan kiri penari pada kedua tarian tersebut hasilnya sama, sementara itu kekuatan otot kaki penari Kebyar Duduk mendapatkan hasil lebih besar daripada penari Jauk Keras.


Kata kunci :  Tari Jauk Keras, Tari Kebyar Duduk, Otot tangan, Otot Kaki, uji-t

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-05
How to Cite
SUWARYA, Eka Aditya Pradnya; SRI HANDARI ADIPUTRA, Luh Made Indah; TIRTAYASA, Ketut. Perbandingan Kekuatan Otot Tangan dan Kaki Penari Jauk Keras dengan Kebyar Duduk pada Mahasiswa di Institut Seni Indonesia Denpasar. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 4, p. 81-86, july 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/79729>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i04.P14.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>