UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees) SEBAGAI ANTI BAKTERI Streptococcus pyogenes ATCC 19615

  • Prisillia Brigitta
  • Ni Nengah Dwi Fatmawati
  • Ni Nyoman Sri Budayanti

Abstract

ABSTRAK


Infeksi ialah masalah kesehatan global dan penyebab utama kematian, terutama di Indonesia. Salah satu penyebab infeksi yang sering ditemukan di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya adalah Streptococcus pyogenes. Untuk mengatasi penyakit infeksi dan menghindari resistensi obat-obatan kimiawi, dapat dilakukan dengan cara mengembangkan antibiotik baru dari sumber alam terutama tanaman. Daun sambiloto sering dijumpai di Indonesia dan dipakai oleh masyarakat sebagai tanaman obat untuk mengobati infeksi saluran kemih, pelega tenggorokan, dan lainnya. Pada daun sambiloto terdapat kandungan antibakteri seperti andrographolide, tanin, flavonoid, alkaloid, steroid, saponin, fenol, terpenoid, dan glikosida. Metode ekstraksi yang digunakan pada daun sambiloto adalah maserasi dengan pelarut etanol 96%, kemudian diencerkan dengan pelarut etanol 96% menjadi konsentrasi 20%, 60% dan 80%, kemudian uji aktivitas antibakteri menggunakan metode cakram difusi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan ekstrak etanol daun sambiloto dapat menghambat pertumbuhan Streptococcus pyogenes ATCC 19615 (p=0.000). Hasil uji daya hambat berupa rerata diameter zona hambat yaitu  7 mm pada konsentrasi 20%, 8.8 mm pada konsentrasi 60%, dan 9.2 mm pada konsentrasi 80%. Dapat disimpulkan bahwa pada keseluruhan konsentrasi yang diujikan dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes ATCC 19615 dengan diameter zona hambat paling besar pada ekstrak daun sambiloto konsentrasi 80%.


 Kata kunci: Daun Sambiloto (Andrographis peniculata Nees), antibakteri, Streptococcus pyogenes

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Prisillia Brigitta

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Ni Nengah Dwi Fatmawati

2Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Ni Nyoman Sri Budayanti

2Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Published
2021-03-30
How to Cite
BRIGITTA, Prisillia; FATMAWATI, Ni Nengah Dwi; BUDAYANTI, Ni Nyoman Sri. UJI AKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees) SEBAGAI ANTI BAKTERI Streptococcus pyogenes ATCC 19615. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 94-98, mar. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/74854>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i3.P15.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>