KUALITAS OOSIT, EMBRIO, DAN KEHAMILAN PASIEN ENDOMETRIOSIS STADIUM III-IV DAN PASIEN DENGAN INFERTILITAS TUBA FALOPI YANG MENGIKUTI PROGRAM BAYI TABUNG DI RUMAH SAKIT BROS TAHUN 2015-2019

  • Tjokorda Istri Putri Adhyasari Wulandari
  • I Nyoman Bayu Mahendra
  • IB Fajar Manuaba
  • IB Putra Adnyana
  • Jaqueline Sudiman

Abstract

ABSTRAK


Endometriosis adalah kondisi dimana terdapat kelenjar endometrium dan lesi seperti stroma di luar kavum uteri. Endometriosis dapat menimbulkan infertilitas serta mempengaruhi kualitas oosit, embrio, dan kehamilan pada saat menjalani program bayi tabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas oosit, embrio dan kehamilan antara pasien endometriosis stadium III-IV (sedang-berat) dengan pasien dengan Infertilitas Tuba Falopi (ITF) saat menjalani program bayi tabung. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain kasus-kontrol. Subjek penelitian yaitu 64 sampel kelompok penderita endometriosis stadium III-IV sebagai kelompok kasus dan 100 sampel kelompok ITF sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling.Data penelitian diperoleh dari data hasil laboratorium klinik Royal IVF Bali Royal Hospital (BROS). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada kualitas hormon, yaitu hormon basal Follicle Stimulating Hormone (FSH) (5,76+ 2,5 berbanding 5,68 +1,7; p<0,05) dan kadar estradiol akhir (1798,00+ 760,71 berbanding 2195,00 + 1512,9; p<0,05). Perbedaan yang signifikan ditemukan pada kualitas oosit, yaitu pada parameter jumlah folikel (p=0,02), dan jumlah oosit yang matang (p=0,04). Perbedaan signifikan didapatkanpada kualitas embrio yaitu embrio grade 1 pada hari ke-3 (p=0,04). Tidak ditemukan adanya perbedaan dalam hal kualitas kehamilan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kualitas hormonal, oosit, dan embrio antara kelompok endometriosis stadium III-IV dan kelompok ITF yang menjalani program bayi tabung, akan tetapi kualitas kehamilan pada kedua kelompok tidak berbeda signifikan. Penelitian cohort prospektif dengan data primer selanjutnya diperlukan untuk mengurangi bias informasi maupun bias seleksi kelompok.


 


Kata kunci: Endometriosis stadium III-IV, kualitas oosit, kualitas embrio, kualitas kehamilan, Infertilitas Tuba Falopi (ITF)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tjokorda Istri Putri Adhyasari Wulandari

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Nyoman Bayu Mahendra

2Departemen Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Bali

IB Fajar Manuaba

2Departemen Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Bali

IB Putra Adnyana

2Departemen Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Bali

Jaqueline Sudiman

2Departemen Obstetri dan Ginekologi, Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Bali

Published
2021-03-30
How to Cite
WULANDARI, Tjokorda Istri Putri Adhyasari et al. KUALITAS OOSIT, EMBRIO, DAN KEHAMILAN PASIEN ENDOMETRIOSIS STADIUM III-IV DAN PASIEN DENGAN INFERTILITAS TUBA FALOPI YANG MENGIKUTI PROGRAM BAYI TABUNG DI RUMAH SAKIT BROS TAHUN 2015-2019. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 40-47, mar. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/72140>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i3.P07.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>